Rabu 19 Jul 2017 20:41 WIB

Densus Antikorupsi Harus Bekerja Proporsional

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andi Nur Aminah
Gerakan antikorupsi (ilustrasi)
Gerakan antikorupsi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Densus Antikorupsi dinilai perlu dibentuk untuk memberantas korupsi di Indonesia yang saat ini sudah dalam tahap mengkhawatirkan. Namun, harus ada pembagian kerja yang jelas antara kepolisian dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Perlu (adanya Densus Antikorupsi) karena begini, polisi kan memang lembaga yang dalam konstitusi merupakan lembaga permanen dalam melakukan penegakkan hukum. Termasuk menindak kasus korupsi," ujar pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Jakarta Ujang Komarudin saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (19/7).

Dengan adanya densus ini, dia mengatakan, polisi akan semakin kuat untuk melakukan pemberantasan korupsi. Jadi, menurut Ujang, pembentukan densus itu tepat. Terlebih lagi, KPK bukan lembaga permanen seperti polisi. "Kalau KPK sifatnya ad hoc (sementara). Pembentukan densus sudah tepat. Cuma, persoalannya lagi, polisi harus bekerja secara proporsional," ungkap Ujang.

Polisi dinilai harus bekerja secara proporsional agar tidak ada campur aduk kewenangan dengan KPK. Jadi, harus ada pembagian tugas yang jelas di antara keduanya. "Karena korupsi kita sudah dalam tahap mengkhawatirkan. Kalau tidak di basmi, maka bangsa ini bisa hancur dengan korupsinya. Karena itu, pembagian tugas antara KPK, Kejaksaan, dan Kepolisian itu penting," tambah dia.

Selain itu, Ujang menambahkan, jika densus itu dibentuk, kerja mereka juga harus proporsional dalam arti jangan tebang pilih. Polisi juga diharapkan tidak melakukan kriminalisasi nantinya. "Jangan asal bekerja. Tapi, konteksnya penegakan hukum untuk bangsa yang lebih baik dan maju," kata dia.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Pol M Tito Karnavian mengungkap Mabes Polri tengah menyusun pembentukan Datasemen Khusus (Densus) Anti-Tindak Pidana Korupsi. Tito mengatakan Densus Anti-Korupsi ini nantinya akan memiliki sumber daya manusia yang besar dan jaringannya luas. Sehingga menurut Tito, Polri bisa membantu KPK dalam upaya memberantas korupsi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ لَا تَغْلُوْا فِيْ دِيْنِكُمْ وَلَا تَقُوْلُوْا عَلَى اللّٰهِ اِلَّا الْحَقَّۗ اِنَّمَا الْمَسِيْحُ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ رَسُوْلُ اللّٰهِ وَكَلِمَتُهٗ ۚ اَلْقٰهَآ اِلٰى مَرْيَمَ وَرُوْحٌ مِّنْهُ ۖفَاٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرُسُلِهٖۗ وَلَا تَقُوْلُوْا ثَلٰثَةٌ ۗاِنْتَهُوْا خَيْرًا لَّكُمْ ۗ اِنَّمَا اللّٰهُ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ ۗ سُبْحٰنَهٗٓ اَنْ يَّكُوْنَ لَهٗ وَلَدٌ ۘ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ وَكَفٰى بِاللّٰهِ وَكِيْلًا ࣖ
Wahai Ahli Kitab! Janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sungguh, Al-Masih Isa putra Maryam itu adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan, “(Tuhan itu) tiga,” berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Mahasuci Dia dari (anggapan) mempunyai anak. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan cukuplah Allah sebagai pelindung.

(QS. An-Nisa' ayat 171)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement