Senin 23 Apr 2018 19:34 WIB

Perilaku LGBT Pemicu HIV Tertinggi di Sumbar

Penderita AIDS tertinggi ada pada rentang usia 20 sampai 29 tahun.

Red: Ani Nursalikah
LGBT (ilustrasi)
Foto: republika
LGBT (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Perhimpunan Konselor VCT dan HIV AIDS Indonesia di Sumatra Barat dalam penelitiannya menemukan perilaku lesbian, gay, biseksual, transgender (LGBT) khususnya hubungan seksual antara sesama laki-laki menjadi pemicu HIV tertinggi di Sumbar.

"Berdasarkan data yang dihimpun dari Kementerian Kesehatan terdapat 10.376 kasus HIV baru pada periode Januari sampai Maret 2018 dengan persentasi lelaki suka lelaki sebesar 28 persen," kata konselor Perhimpunan Konselor VCT dan HIV AIDS Indonesia, Sumbar Khaterina Welong di Padang, Senin (23/4).

Ia menyampaikan hal itu pada diskusi kelompok terarah yang dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Ketua Majelis Ulama Sumbar Gusrizal Gazahar dan pemangku kepentingan terkait. Menurutnya, jika dilihat dari kelompok umur maka penderita AIDS tertinggi ada pada rentang usia 20 sampai 29 tahun sebanyak 29,3 persen.

"Artinya yang terinfeksi HIV adalah mereka yang melakukan perbuatan berisiko 10 tahun sebelumnya atau pada usia 10 tahun hingga 19 tahun," katanya.