Rabu 03 Jun 2015 18:18 WIB

Seluruh Kampus Swasta Bakal Dievaluasi

Rep: c13/ Red: Dwi Murdaningsih
Ijazah palsu (ilustrasi)
Ijazah palsu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan (Menristekdikti), M Natsir meminta agar seluruh Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Indonesia melakukan evaluasi terhadap seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Terutama, kata dia, terhadap PTS-PTS yang berada di wilayah koordinasi mereka.

Menurut Natsir, tim auditnya sudah melakukan tugas yang baik untuk melakukan investigasi terhadap PTS yang terlibat dalam kasus jual beli ijazah Asli-Palsu (Aspal). Terutama, lanjut dia, dalam melakukan penyelidikan terhadap STIE Adhy Niaga. Sehingga, kegiatan pendidikan PTS ini pun diberhentikan untuk sementara waktu.

Untuk proses selanjutnya, Natsir menegaskan hal ini menjadi tanggung jawab Kopertis untuk mengevaluasi PTS-PTS. Menurutnya, Kopertis perlu melakukan pengumpulan data yang lengkap terhadap PTS-PTS yang diduga melakukan indikasi jual beli ijazah Aspal. Dalam hal ini, lanjut Natsir, terhadap kasus STIE Niaga juga menjadi fokus pengevaluasian mereka.

“Kopertis juga akan tetap melakukan koordinasi dengan tim audit untuk melakukan tindak lanjut,” jelas Natsir.

Natsir juga mengatakan, Kemeristekdikti juga akan melakukan evaluasi  terhadap para dosen di PTS-PTS. Selain dosen, dia juga mengaku akan me-review para pegawai yang bekerja di PTS.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement