Selasa 14 Apr 2015 16:54 WIB

UN Online, Siswa Terganggu Komputer Bermasalah

Rep: c18/ Red: Damanhuri Zuhri
Pelajar mengikuti ujian nasional berbasis komputer.  (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pelajar mengikuti ujian nasional berbasis komputer. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) online di SMK Negeri 3 Kota Tangerang sempat mengalami kendala.

Gangguan tersebut muncul lantaran komputer siswa yang sedang mengerjakan soal matematika mengalami masalah. "Tiba-tiba log out," terang Eka, Selasa (14/4) di Tangerang.

Eka menjelaskan komputer yang digunakannya untuk mengerjakan naskah soal log out dengan sendirinya. Beruntung, kata Eka, dia bisa melanjutkan mengerjakan soal setelah dibantu oleh pengawas untuk log in kembali.

Selain Eka, Elfrida juga mengalami masalah serupa. Elfrida menjelaskan komputer yang digunakannya tiba-tiba padam. Hal tersebut, akunya, sangat mengganggu proses pengerjaan soal. "Kita jadi lambat ngerjain soal," ujaranya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 3 kota Tangerang, Edah Resmiati mengaku meski sempat terjadi masalah pada sistem komputer, ujian tetap berjalan lancar.

"Soal kendala eror pada layar monitor yang dialami siswa, kami terus melakukan koordinasi kepada pusat. Selain itu juga, kita siapakan pertugas IT di setiap ruang ujian, agar pelaksanaan ujian sistem baru ini berjalan lancar," jelasnya.

Kondisi berbeda ditemui di SMA Negeri 1 Kota Tangerang. Sunarno, panitia ujian SMA Negeri 1 mengatakan UN di sekolah tersebut berjalan lancar. "Tak ada kendala sama sekali," paparnya.

Meski demikian, Sunarno mengaku waspada soal ketersedian listrik ke SMA Negeri 1. Sebabnya, ungkap Sunarno, Senin (13/4) kemarin ada petugas PLN yang datang untuk mengecek listrik ke sekolah. "Mereka datang pas jam istirahat," terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement