Ahad 24 May 2015 10:28 WIB

SMA Alcen Wajibkan Hafal dan Baca Alquran

Rep: Joko Suceno/ Red: Agung Sasongko
Sejumlah santri menghafal Alquran.
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Sejumlah santri menghafal Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sistem pembelajaran di SMA Alcen tak hanya fokus pada mata pelajaran umum di masing-masing jurusan (IPA, IPS, dan bahasa). Bidang agama, khususnya Islam, juga menjadi pusat perhatian sekolah ini. Salah satu target capaian siswa beragama Islam di sekolah ini yaitu hafal dua juz Alquran dengan memahami dan asbabun nuzulnya saat lulus sekolah.

Karena itu, siswa sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar,  wajib melakukan tadarus Alquran setiap hari melalui audio visual setiap hari selama 10 hingga 15 menit. ‘’Kegiatan ini dipandu oleh seorang hafidz Alquran,’’kata Wakasek Kesiswaan, Farid Firdaus, SPd kepada ROL.

Program tafidz dan tadarus Alquran, kata Farid diterapkan sejak sekolah ini berdiri. Dengan pendidikan agama islam yang kuat, lanjut dia, para siswa dirahapkan menjadi generasi yang taqwa, cerdas, dan kreatif.  Selain itu, imbuh dia, siswa juga diarahkan agar meyakini kebesaran Allah SWT. ‘’Sesuai dengan visi misi kami yaitu menjadi manusia yang taqwa dan cerdas. Siswa juga diarahkan agar berubah  sikap menjadi lebih positif,’’tutur dia.

Meski tak memiliki fasilitas masjid di dalam lingkup gedung sekolah, para siswa diarahkan untuk selalu melaksanakan shalat lima waktu berjamaah di masjid. Saat shalat dzuhur, siswa sekolah ini berbondong-bondong menju Masjid Pusdai yang jaraknya hanya sekitar 100 meter dari sekolah tersebut. ‘’Kami selalu mengarahkan anak-anak untuk melaksanakan shalat wajib di masjid. Misalnya saat azan dzuhur tiba, keguatan belajar pun istirahat agar anak-anak bisa melaksanakan shalat di masjid,’’ujar dia.

Menurut Husna Hapsari, alumni SAM Alcen yang kini menempuh pendidikan di Bisnis and Management School Institut Teknologi Bandung (ITB), selama belajar tiga tahun tak hanya mendapatkan pendidikan umum saja. pendidikan agama di sekolah tersebut, imbuh dia, dirasakannya sangat banyak manfaatnya. ‘’Selama belajar di Alcen saya mendapatkan ilmu agama dan ilmu pengetahuan serta membantu mengembangkan kreativitas,’’ujar mahasiswi berkerudung ini.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement