Kamis 01 Nov 2018 04:10 WIB

Ini 4 Potensi Kerja Sama Kemendes PDTT-Perguruan Tinggi

Desa memiliki banyak potensi untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi

Red: Budi Raharjo
Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi menjadi pembicara dalam Industry-Government UI Expo 2018 di Balairung UI, Depok, Rabu (31/10).
Foto: Kemendes PDTT
Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi menjadi pembicara dalam Industry-Government UI Expo 2018 di Balairung UI, Depok, Rabu (31/10).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dalam rangka mewujudkan kemandirian desa, kolaborasi antarsektor mutlak dilakukan. Dalam upaya memperkuat kerja sama terkait pembangunan desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengajak Perguruan Tinggi untuk turut aktif di dalamnya.

Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Anwar Sanusi mengatakan, setidaknya ada empat potensi kerja sama antara Perguruan Tinggi dengan Kemendes PDTT. Terkait pembangunan desa, perguruan tinggi dinilai memiliki keistimewaan dari tingkat intelektual dan sumber daya.

Sekjen Kemendes PDTT pun mengungkapkan keempat program, di mana Perguruan Tinggi bisa terlibat aktif. Pertama, pengelolaan potensi desa. "Kita ada program inovasi desa. Program inovasi desa ini merupakan program pengembangan ekonomi desa dengan memberikan insentif-insentif salah satunya terkait pengembagan desa-desa wisata," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan inovasi desa ini bisa dikembangkan dan akan menyebabkan percepatan pembangunan desa akan terwujud. Kedua, adalah pengembangan SDM. "Kami menggagas pendidikan akademi desa 4.0. Kami memberikan didikan kepada masyarakat desa sesuai kebutuhan," katanya.