REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Smesco Indonesia kembali menggelar event pameran daerah yaitu pameran bertajuk “Smesco Madura Festival 2018” pada bulan November. Kegiatan ini merupakan ekspose semua promosi potensi daerah Madura meliputi produk unggulan UKM, pariwisata, budaya dan kuliner khas.
Direktur Utama Smesco Indonesia, Emilia Suhaimi mengatakan salah satu tujuan diadakan pameran ini, memberi ruang bagi daerah menampilkan produk unggulan, citra identitas daerah, local heritage dan produk unik, yang menjadi referensi terbaik untuk mendapatkan produk unggulan buatan KUMKM Indonesia.
"Smesco Madura Festival 2018 sekaligus akan memperkuat posisi dan eksistensi UKM sebagai penopang utama perekonomian dan pembangunan di Indonesia khususnya Madura." Kata Emilia, di Jakarta Kamis, (8/11).
Beragam produk UKM akan dipamerkan di Smesco Madura Festival 2018. Di antaranya produk fesyen, pakaian dan kain batik madura yang terkenal itu, kerajinan, souvenir Madura, jamu tradisional Madura, furniture ukiran Madura dan lukisan Madura. Sedangkan untuk kuliner disajikan mulai dari soto Madura, sate lalat Madura, campur lorjuk, rujak tajin, rujak Madura, kopi mangrove, serta aneka petis Madura.
Emilia berharap dengan diadakan pameran ini produk UKM khususnya dari Madura dapat bersaing di pasar domestik dan global, serta dapat memposisikan diri pada segmen pasarnya masing-masing.
"Orang Madura di Jakarta silahkan datang, bisa kangen-kangenan menikmati kuliner khas madura yang sekarang susah dicari misalnya rujak tajin." Kata Emilia.
Smesco juga akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jatim Expo 2018. Even ini akan menampilkan beragam kuliner khas Jawa Timur, peragaan busana dan hiburan, termasuk demo membatik, serta demo kerajinan tangan dan daur ulang.
Produk yang dijual mulai dari batik, aksesoris, busana, makanan dan minuman, tas, sepatu kulit dan non kulit, bordir, kerajinan tangan, dekorasi rumah maupun aneka produk menarik lainnya.
Digelarnya berbagai even pameran ini tidak terlepas karena Smesco yang merupakan miniatur bagi produk-produk unggulan hasil KUKM seluruh Indonesia dalam wadah Paviliun Provinsi menjadi tumpuan bagi KUKM seluruh Indonesia dalam mempromosikan dan memasarkan produk unggulannya.
“Peran Smesco sebagai wadah promosi dan pemasaran produk memang sangat dibutuhkan seluruh UKM di Indonesia. Oleh karena itu, terbuka bagi semua pihak untuk bekerjasama dengan kami dalam menggelar pameran-pameran semacam ini,” papar Emilia.