Kamis 10 Jan 2019 13:35 WIB

Festival Woodstock Rayakan 50 Tahun Eksistensinya

Festival Woodstock 1969 merupakan titik penting dalam sejarah musik.

Salah satu dokumentasi Festival Woodstock.
Foto: dok Woodstock.
Salah satu dokumentasi Festival Woodstock.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Peringatan 50 tahun festival musik Woodstock, salah satu gerakan budaya tandingan tahun 1960-an yang bersejarah, akan dirayakan pada Agustus dengan dua kegiatan yang saling bersaing. Woodstock akan digelar pada 16-18 Agustus 2019.

Michael Lang, yang menjadi penyelenggara bersama festival Woodstock 1969, pada Rabu mengumumkan secara resmi bahwa Pameran Musik dan Seni Woodstock direncanakan digelar pada 16-18 Agustus dan bertempat di arena balap motor di New York. Bulan lalu Pusat Seni Bethel Woods, yang menjadi pemilik tempat penyelenggaraan festival Woodstock 1969, mengumumkan akan menyelenggarakan perayaan 50 tahun dengan acara "pan-generasi" pada tanggal yang sama.

"Festival asli pada 1969 merupakan reaksi kaum muda pada waktu itu, yang dipicu keadaan terpaksa untuk memerangi hak-hak sipil, hak perempuan, gerakan anti-perang, dan memberi jalan pada misi kita untuk berbagi damai, cinta dan musik," kata Lang.

"Dewasa ini kita mengalami keterputusan di negara kita, dan satu yang kita pelajari adalah bahwa musik memiliki kekuatan untuk menyatukan. Maka tiba waktunya kita membawa semangat Woodstock kembali, mari terlibat dan membuat suara kita bisa didengar."

Festival Woodstock 1969 yang dijuluki sebagai 'tiga hari musik dan perdamaian', dipandang sebagai salah satu titik penting dalam sejarah musik. Dalam tiga hari yang gerimis, lebih dari 30 seniman termasuk Jimi Hendrix, Janis Joplin, The Who, Tha Band, Grateful Dead, tampil tiada henti di hadapan sekitar 400 ribu orang penonton, kebanyakan menonton secara gratis dan berkemah di lokasi.

Festival tersebut direkam dalam film dokumenter tahun 1970 dengan judul Woodstock. Film mendapatkan piala Oscar.

Lang tidak menyebut daftar seniman untuk acara 2019 tersebut namun mengatakan sekitar 60 pemusik akan ambil bagian pada tiga panggung utama di Watkins Glenn International, di arena balap mobil dan NASCAR. Penampilan lebih banyak oleh seniman berbakat kontemporer, tetapi sejumlah artis beken akan juga tampil, katanya merujuk sejumlah pemusik yang kini sudah berumur 70-an tetapi masih aktif berkarya.

Meskipun lebih dikenal dengan nama Woodstock, festival tahun 1969 itu sebenarnya berlangsung di Bethel, sekitar 110 km arah selatan, dari desa Woodstock dan 144 km di utara New York.

sumber : Antara/Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement