Selasa 28 May 2019 15:58 WIB

Tol Cisumdawu akan Digunakan untuk Arus Mudik

Tol Cisumdawu menjadi jalur alternatif untuk mengurai kemacetan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nur Aini
Sejumlah truk melintasi proyek pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2019).
Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari
Sejumlah truk melintasi proyek pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pada musim mudik Lebaran 2019 ini, sebagian ruas jalan tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) dipastikan dapat diakses masyarakat. Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa, kebijakan tersebut sebagai langkah antisipasi untuk mengurai kepadatan kendaraan. 

Iwa mengatakan, kerap kali terjadi kemacetan pada jalur dari Bandung menuju Sumedang, Majalengka, Cirebon dan Jawa Tengah. Penumpukan kendaraan khususnya sering terjadi di Jalan Cadas Pangeran.

Baca Juga

"Traffic jam-nya di situ (Jalan Cadas Pangeran), paling padatlah. Sebagian jalan tol (Cisumdawu) jadi alternatif, yang dari Rancakalong ke Sumedang," ujar Iwa di Gedung Sate, Selasa (28/5)

Menurut Iwa, Pemprov Jabar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar terus melakukan  proses peninjauan kesiapan jalur dan kelengkapan jalan secara intensif. Hal itu dilakukan oleh pihak dari kepolisian mengingat prediksi puncak arus mudik di wilayah tersebut terjadi pada H-4 lebaran.