Rabu 12 Jun 2019 18:40 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Purwakarta Tinggi di Libur Lebaran

Kunjungan wisatawan ke Purwakarta tembus di atas 240 ribu orang.

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Nur Aini
Sasak (jembatan) Panyawangan dan Flying Fox, merupakan objek wisata yang ada di Gunung Bongkok, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta.
Foto: dok. Disporaparbud Purwakarta
Sasak (jembatan) Panyawangan dan Flying Fox, merupakan objek wisata yang ada di Gunung Bongkok, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta mencatat ada 247 ribu wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini selama libur Lebaran 2019. Kunjungan tersebut tercatat sejak 6 Juni sampai 9 Juni kemarin. 

Kabid Pariwisata Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Irfan Suryana mengatakan, pesona Purwakarta ternyata masih memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi masyarakat yang senang berwisata. Salah satu indikatornya, pada libur Lebaran kemarin lebih dari 247 ribu wisatawan datang ke wilayah tersebut.

Baca Juga

"Padahal, libur Lebaran tahun ini lebih pendek dari tahun kemarin. Namun, wisatawan yang datang ke daerah kami cukup membeludak," ujar Irfan, kepada Republika.co.id, Rabu (12/6).

Irfan mengaku, kunjungan wisatawan tersebut tersebar di sejumlah lokasi wisata yang ada seperti, ke Taman Air Mancur Sribaduga (Situ Buleud). Taman tersebut tetap menjadi penyumbang terbesar kunjungan wisatawan.

Akhir pekan kemarin, pertunjukan air mancur yang perdana dioperasikan pascapuasa, pengunjungnya membeludak. Selama pertunjukan yang digelar dalam tiga sesi, pengunjungnya mencapai 61 ribu jiwa.

Irfan mengaku, jajarannya bersyukur ternyata lokasi wisata di wilayahnya masih menjadi pilihan tujuan wisata para pelancong dari dalam maupun luar kota. Memang, sejauh ini potensi pariwisata di wilayahnya cukup melimpah, antara lain wisata alam, religi, dan kuliner.

Bahkan, setiap tahunnya, selalu ada penambahan destinasi wisata. Hingga akhir 2018 kemarin, tercatat sudah ada 62 lokasi wisata yang tersebar di hampir seluruh kecamatan yang ada.

Menurut dia, dengan banyaknya tempat wisata primadona dipastikan jumlah kunjungan wisatawan pun akan lebih meningkat lagi. Tahun ini saja, pemkab menargetkan kunjungan wisatawan ke Purwakarta bisa mencapai 4 juta pengunjung.

"Kami optimistis, target kunjungan ini bisa tercapai, apalagi saat ini sudah banyak pilihan destinasi wisata yang cukup recommended," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement