Senin 24 Jun 2019 15:54 WIB

Pemerintah Anjurkan AKR Beli Solar dari Pertamina

AKR Corporindo sejak 12 Mei 2019 tak lagi menjual solar bersubsidi di seluruh SPBUnya

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Petugas mengisi BBM subsidi solar di SPBU. ilustrasi
Foto: Republika/ Wihdan
Petugas mengisi BBM subsidi solar di SPBU. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian ESDM menganjurkan PT AKR Corporindo untuk membeli solar dari PT Pertamina  (Persero). Hal ini dinilai pemerintah jauh lebih efisien dibandingkan AKR harus mengimpor solar lalu menjual dengan skema harga subsidi.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, Djoko Siswanto menjelaskan AKR membeli solar subsidi tersebut dari Pertamina memakai hitungan formula BBM yang ada. Ia juga menjelaskan dengan harga formula maka setidaknya AKR bisa mendapatkan margin keuntungan karena tidak perlu terbebani dengan ongkos impor.

Baca Juga

"Kan ada formula, kalau AKR mau, membeli minyak dengan harga formula itu saja ke Pertamina," ujar Djoko di Kementerian ESDM, Senin (24/6).

Lagipula, kata Djoko saat ini Pertamina sendiri juga sudah bisa memproduksi solar sendiri. Djoko menjelaskan, apabila produksi Pertamina dalam negeri bisa diserap oleh AKR, tentu hal ini merupakan keuntungan dan efisiensi kedua belah pihak.

"Iya kan selama Pertamina kelebihan produksi, dia beli ke Pertamina dong, masa beli dari luar, produksi dalam negeri ada," ujar Djoko.

Djoko menjelaskan pihak AKR pun sudah meminta untuk pemerintah memfasilitasi pembahasan ini dengan Pertamina. Djoko menjelaskan pemerintah akan mengatur waktu untuk pertemuan ini.

"Ya nanti kami atur, kemarin ini memang belum sempat. Makanya mereka minta tolong difasilitasi," ujar Djoko.

AKR Corporindo sejak 12 Mei kemarin tak lagi menjual solar bersubsidi di seluruh SPBU nya. Alasannya, tak lain karena formula harga BBM yang diubah oleh pemerintah dinilai perusahaan kurang pas.

"Kita sudah sampaikan ke BPH Migas, harga jual solar tidak sesuai keekonomian. Formual harga BBM kurang pas," ujar Direktur AKR Corporindo Suresh Vembu saat dihubungi, Rabu (19/6).

Suresh juga menjelaskan keputusan ini diambil perusahaan karena mengingat ongkos distribusi untuk penyaluran solar yang merupakan aspek penting. Namun, ia tidak merinci apakah AKR akan melanjutkan penjualan solar setelah membahas lebih lanjut dengan pemerintah.

Suresh hanya menjelaskan perusahaan tetap menjual solar ke industri dan solar non subsidi seperti sebelumnya. Hanya saja, untuk solar subsidi, perusahaan memutuskan untuk tidak menjual lagi.

"Kami tetap jual solar ke industri dan solar non subsidi. Tapi untuk sementara AKR ga jual solar subsidi di SPBU dan SPBN," ujar Suresh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement