Ahad 14 Jul 2019 17:37 WIB

Pasar Lubuk Alung yang Terbakar Terima Bantuan Rp 300 Juta

Pada Kamis lalu, Pasar Lubuk Alung mengalami kebakaran hebat

Rep: Febrian Fachri/ Red: Hasanul Rizqa
Ilustrasi Kebakaran
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi Kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PARIAMAN -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menyerahkan dana bantuan kepada pihak Pasar Lubuk Alung, Ahad (14/7). Sebelumnya, pasar tersebut mengalami kebakaran hebat pada Kamis (11/7) lalu.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyerahkan bantuan dari Pemprov sebanyak Rp 200 juta. Sementara itu, bantuan dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman diserahkan oleh Wakil Bupati Suhatri Bur.

Baca Juga

"Kami dari Provinsi memberikan bantuan Rp 200 juta. Dari Pemkab juga Rp 100 juta. Jadi total Rp 300 juta dapat untuk penampungan sementara pedagang agar bisa kembali beraktivitas," kata Nasrul di Pasar Lubuk Alung, Ahad (14/7).

Akibat kebakaran pada Kamis lalu, terdapat 150 kios pedagang di Pasar Lubuk Alung yang habis dilahap si jago merah. Total kerugian ditaksir mencapai Rp 2 miliar.

Nasrul menjelaskan sampai saat ini tim forensik dari kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran. Sembari menantikan hal tersebut, dia berharap para pengurus pasar dapat melakukan pemulihan supaya masyarkat dapat kembali berdagang.

Nasrul juga meminta Bank Nagari sebagai bank daerah menyediakan kredit usaha rakyat dengan prosedur yang mudah. Hal itu supaya para korban kebakaran bisa mendapatkan kembali permodalan untuk kembali berdagang.

"Pasar Lubuk Alung adalah urat nadi perekonomian masyarakat di sini," ujar Nasrul.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement