Selasa 03 Sep 2019 19:00 WIB

Soal Papua, Fadli Zon Nilai Kapolri Menambah Kebingungan

Pemerintah harus segera mengatasi tudingan soal keterlibatan asing.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Teguh Firmansyah
Wakil Ketua DPR Fadli Zon memberikan keynote speech pada seminar di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (3/9).
Foto: Republika/Prayogi
Wakil Ketua DPR Fadli Zon memberikan keynote speech pada seminar di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (3/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Fadli Zon merespons pernyataan Kapolri Tito Karnavian terkait dugaan adanya keterlibatan pihak asing dalam peristiwa kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Fadli mengungkapkan seharusnya Kapolri tidak mengeluarkan pernyataan seperti seorang pengamat.

"Ya menurut saya pernyataan-pernyataan itu kan justru menambah kebingungan, pemerintahan sebagai pengamat politik atau eksekutor," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9).

Baca Juga

Politikus Partai Gerindra itu menuturkan, seharusnya pemerintah menyerap aspirasi. Jika ada indikasi keterlibatan pihak asing, maka pemerintah harus mengatasi bukan justru membuat pernyataan ke publik. Ia pun meminta pemerintah segera mengambil tindakan untuk memulihkan keadaan. 

"Saya tidak melihat pemulihan itu maksimal karena kerusuhan masih terjadi di berbagai tempat," ujarnya.

Sebelumnya, Tito Karnavian menuding kelompok masyarakat yang berlaku anarkis di Papua dan Papua Barat memiliki hubungan dengan organisasi di luar negeri. Oleh karena itu, Polri berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menangani masalah tersebut.

"Kita sama-sama tahu dari kelompok-kelompok ini ada hubungannya dengan network di internasional," kata Tito di Jakarta, Ahad (1/9).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement