Rabu 13 Nov 2019 21:35 WIB

Ford v Ferrari: Ibarat Manusia Melawan Dewa

Ford v Ferrari tayang pada 15 November di bioskop.

Rep: MG 03/ Red: Reiny Dwinanda
Adegan Ford v Ferrari.
Foto: 20th Century Fox
Adegan Ford v Ferrari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun 1960 hingga 1965 menjadi puncak bagi Ferrari dalam ajang Le Mans 24 Jam. Namun, keberhasilan berturut-turut Ferrari dalam ajang balap tertua dalam hal menguji ketahanan mobil itu berhasil dikalahkan oleh Ford pada 1966.

Ford GT40 rancangan Caroll Shelby dan Ken Miles menjadi salah satu yang membuktikan bahwa mobil Amerika dapat menang di Le Mans 24 Jam. Dalam film Ford v Ferrari dikisahkan Ford Motor Company, produsen mobil asal Amerika, berada dalam kondisi tidak stabil.

Ford memutuskan untuk mulai memproduksi mobil balap dan turun ke arena balap untuk menaikkan penjualannya.  Mereka memulainya dengan mengajak kerja sama raja mobil balap kala itu, Enzo Ferrari dan Ferrari. Akan tetapi Ferrari menolak tawaran tersebut.

Alhasil, Ford pun memutuskan untuk membuat sendiri mobilnya dengan mengajak Caroll Shelby, juara Le Mans 24 Jam 1959. Keputusan Ford untuk membuat mobil balap dan terjun ke arena balap ini merupakan keputusan yang berani, apalagi saat itu Ferrari adalah juara bertahan dengan mobil-mobil terbaiknya.