Senin 27 Jan 2020 22:03 WIB

Pakansari Cari Lapangan Latihan untuk Piala Dunia U-20

Pemkab Bogor tinggal membutuhkan satu lapangan latihan lagi.

Red: Israr Itah
Pekerja melakukan perbaikan Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Stadion Pakansari menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2021.
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Pekerja melakukan perbaikan Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Stadion Pakansari menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kini masih mencari lahan ataupun lapangan untuk latihan tim peserta Piala Dunia U-20. Ini merespons penetapan FIFA yang menunjuk Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat sebagai salah satu stadion venue Piala Dunia U-20 2021.

"Satu lagi kami lagi cari nih. Mudah mudahan dapat, yang penting ada lima lapangan terdekat," ujar Bupati Bogor, Ade Yasin kepada Antara di Bogor, Senin (27/1).

Baca Juga

Pemkab Bogor tinggal membutuhkan satu lapangan latihan lagi. Ade Yasin menyebutkan, empat lapangan yang sudah siap ditunjuk sebagai tempat latihan yaitu, lapangan luar Stadion Pakansari, Stadion Mini Persikabo, Stadion Pajajaran Kota Bogor, dan lapangan bola di salah satu sekolah yang berlokasi di Sentul, Kabupaten Bogor.

"Semua sudah siap pakai, hanya yang mini sedang masa perbaikan. Kalau ada, kita tak usah bikin, kalau nggak ada terpaksa harus bikin (lapangan)," katanya.

Ade Yasin menyebutkan bahwa tahun ini Pemkab Bogor menyiapkan anggaran daerah Rp 300,647 miliar untuk menata infrastruktur dan aksesibilitas mulai dari pintu keluar Tol Sentul, hingga sekitaran Stadion Pakansari.

"Anggarannya (tersebar) di Dinas PUPR, Dispora, dan DPKPP. Banyak yang harus diperbaiki. Untuk stadionnya sendiri dan aksesibilitas dari mulai Tol Sentul hingga stadion,” kata politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Enam Stadion

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI sebelumnya resmi mengumumkan keputusan FIFA terkait stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2021. Sebanyak enam stadion di pulau Jawa dan Bali akan menjadi arena kejuaraan sepakbola muda terbesar sejagad itu. 

FIFA menyetujui pengajuan arena yang diusulkan panitia, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Solo), Stadion Mandala Krita (Yogyakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Penyelenggara pun dinyatakan wajib menyiapkan setidaknya lima lapangan latihan yang memadai di sekitar stadion. FIFA menetapkan syarat minimal 10 ribu penonton di setiap pertandingan mulai dari babak penyisihan. 

"Stadion besar seperti GBK harus diatur agar tidak terlihat sepi jika penonton hanya mencapai 10 ribu," kata Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (23/1). 

 

Di bulan Januari 2021, FIFA pun akan melaksanakan drawing peserta. Pulau Bali direncanakan menjadi titik undian tim. FIFA juga sudah menentukan tanggal pelaksanaan turnamen, yakni mulai 24 Mei-12 Juni 2021. 

Kini, dengan ditetapkannya enam stadion utama sebagai tempat perhelatan Piala Dunia U-20, maka Indonesia juga harus menyiapkan beberapa stadion lain sebagai pendukung. Sesuai syarat dari FIFA, mesti disediakan pula total 30 lapangan latihan karena setiap satu stadion utama harus didukung lima lapangan latihan di sekitarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement