Selasa 10 Mar 2020 21:10 WIB

Trump akan Ambil Langkah Besar Bantu Ekonomi Hadapi Corona

Trump akan memotong pajak penghasilan dengan tujuan membantu ekonomi.

Red: Nur Aini
Presiden AS Donald Trump (AP Photo/Evan Vucci)
Foto: AP Photo/Evan Vucci
Presiden AS Donald Trump (AP Photo/Evan Vucci)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden AS Donald Trump, Senin (9/3), mengatakan akan mengambil langkah "besar" untuk membantu perekonomian menghadapi dampak wabah virus corona tipe baru, Covid-19.

Donald Trump pada Selasa (10/3) akan membahas pemotongan pajak penghasilan dengan anggota kongres dari Partai Republik. "Kami akan membahas kemungkinan pemotongan pajak penghasilan atau bantuan penting lainnya," ujar Trump kepada wartawan. Trump tidak menjelaskan secara terperinci dan mengatakan bahwa konferensi pers akan diadakan pada Selasa.

Baca Juga

Sementara itu, Wakil Presiden Mike Pence mengatakan pemerintah berkonsultasi dengan Kongres mengenai penyediaan cuti sakit yang dibayar bagi para pekerja. Usul itu sudah diajukan oleh anggota kongres dari Partai Demokrat. Menurut Johns Hopkins University, kasus Covid-19 di Amerika Serikat mencapai 605. Sementara itu, di seluruh dunia ada 113.584 kasus infeksi dengan 3.996 kematian.

Wabah virus corona juga menyebabkan pasar saham anjlok dan memaksa pejabat kesehatan mengeluarkan imbauan agar orang-orang tidak naik kapal pesiar, melakukan perjalanan udara, dan menghadiri pertemuan publik dengan peserta yang banyak. Sementara itu, pemerintah berencana berdiskusi dalam beberapa hari mendatang dengan para eksekutif perbankan, rumah sakit dan industri asuransi kesehatan.