Selasa 17 Mar 2020 14:21 WIB

The Plot Against America Gambarkan Sisi Lain Sejarah AS

'The Plot Against America' diangkat dari novel berjudul sama karya Philip Roth.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Cuplikan adegan di serial pendek The Plot Against America(Dok HBO Asia)
Foto: Dok HBO Asia
Cuplikan adegan di serial pendek The Plot Against America(Dok HBO Asia)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serial pendek The Plot Against America segera tayang mulai 17 Maret 2020 di saluran HBO dan HBO GO. Kisah adaptasi dari novel berjudul sama karya Philip Roth itu menggambarkan sejarah Amerika dengan gaya berbeda.

Cerita historikal AS disampaikan dari sudut pandang keluarga pekerja di New Jersey. Keluarga itu mengkhawatirkan memuncaknya pemikiran antisemitisme dan xenophobia yang memicu sesama warga negara saling curiga.

Baca Juga

Hasil kolaborasi sineas David Simon dan Ed Burns ini terdiri dari enam episode. Simon sempat bertemu dengan novelis Philip Roth untuk membahas proyek serial sebelum sang sastrawan berpulang pada 2018. Simon mengatakan, karya-karya Roth biasanya sarat narasi menyentuh.

Berbeda dengan novel The Plot Against America, di mana sang penulis menghadirkan perjalanan pergerakan politik yang emosional. Lebih spesifik lagi, kondisi saat negara mengalami kemunduran karena totalitarianisme dan intoleransi.

"Bahwa novel tersebut terbit pada 2004 tidak menjadikannya kekurangan perspektif dan kekuatan dokumentasi. Roth memberi peringatan bahwa hal itu dapat terjadi di masa sekarang, dan itu terjadi," kata Simon lewat pernyataan resminya.

Serial dibintangi aktris Zoe Kazan sebagai Elizabeth "Bess" Levin, ibu rumah tangga yang berusaha melindungi keluarganya di tengah memanasnya suasana politik. Aktor Morgan Spector memerankan Herman Levin, suami Elizabeth yang berpendirian teguh.

Pemeran lain yakni Winona Ryder, John Turturro, Anthony Boyle, Azhy Robertson, dan Caleb Malis. Hadir pula aktor David Krumholtz, Michael Kostroff, dan Jacob Laval pada serial arahan sutradara Minkie Spiro ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement