Senin 23 Mar 2020 00:55 WIB

IAKMI Ungkap Dua Kunci Penanganan Covid-19

Menurut IAKMI ada dua kunci penanganan IAKMI yang libatkan pemerintah-masyarakat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Social distancing di MRT Jakarta. Menurut IAKMI ada dua kunci penanganan IAKMI yang libatkan pemerintah-masyarakat.
Foto: Putra M. Akbar/Republika
Social distancing di MRT Jakarta. Menurut IAKMI ada dua kunci penanganan IAKMI yang libatkan pemerintah-masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Ede Surya Darmawan mengungkapkan kekhawatirannya tentang peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia. Ia pun mengingatkan ada dua hal yang menjadi kunci dalam penanganan wabah virus corona tipe baru.

"Ketegasan dan respons pemerintah serta komitmen dan perilaku masyarakat sangat menentukan," ujar Ede dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (22/3).

Baca Juga

IAKMI pun meminta agar pemerintah pusat mempertegas koordinasi penanganan Covid-19 di tiga provinsi yang menjadi episentrum saat ini, yakni Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Ini penting diperhatikan karena mobilitas penduduk antarketiga provinsi ini sangat tinggi, terutama di daerah perbatasan, seperti Bekasi, Depok, Bogor dan Tangerang Selatan.

IAKMI juga mendorong agar pemerintah daerah mengeluarkan peraturan tegas untuk menutup sementara tempat wisata, rekreasi, atau hiburan yang memungkinkan terjadinya penyebaran virus selama dua pekan. Beberapa contoh di antaranya adalah mal, disotik atau bar, kafe, festival, hingga tempat-tempat wisata.