Selasa 02 Jun 2020 00:05 WIB

New Normal Perlu Dijalankan Secara Bertahap dan Disiplin

Kedisiplinan itu dinilai akan mendorong keberhasilan penanganan pandemi Covid-19.

Red: Agus Yulianto
Acara webinar halal bihalal Perhimpunan Mahasiswa Bandung (PMB), Ahad (31/5) malam.
Foto: Foto: Perhimpunan Mahasiswa Bandung (PMB)
Acara webinar halal bihalal Perhimpunan Mahasiswa Bandung (PMB), Ahad (31/5) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Memasuki fase new normal setelah pelaksanaan PSBB, masyarakat perlu tetap disiplin menjalakan protokol selama pandemi Covid-19. Kedisiplinan itu dinilai akan mendorong keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 selama masa new normal itu. 

Anggaran pemerintah cukup kecil untuk penanganan Covid-19 ini, tak sampai 3 persen, tetapi perlu diyakini bahwa semua usaha yang dilakukan demi perlindungan warga, seperti halnya di Jerman dengan anggaran penanganan Covid-19 yang mencapai 40 persen dari PDB. "Pemerintah tentu punya kekurangan, tapi kita sebagai warga negara perlu membantunya dengan disiplin, nurut sama protokol yang ditetapkan pemerintah," ujar mantan jubir presiden Wimar Witoelar di acara webinar halal bihalal Perhimpunan Mahasiswa Bandung (PMB), Ahad (31/5) malam.

Selain Wimar, hadir di webinar pukul 19.00-23.00 WIB itu ada Rahmat Witoelar (mantan dubes), Hendarmin Ranadireksa (aktivis prodemokrasi), Masli Mulia (mantan dirut Samudra Indonedia), Ade Indira Sugondo (mantan anggota DPR), Hilmi Panigoro (dirut Medco), Ahmad Ridwan Tento (sekjen GINSI), Ria Dewi Eryani (dosen Psikologi Unisba, Wan Abbas (pengurus PRSSNI Jabar), Roy Rondonuwu (dosen Fikom Unpad), Harris Harlianto (kepala IVF Bandung Fertility Center), Syafiril Erman (penulis novel Kepundan), Priyantono Oemar (wartawan Republika), Nadia Rahmawati (pegiat Komunitas Keluarga Masa Kini). Diskusi dibuka oleh Ketua PMB Gusman Maulana dan dipandu oleh pengurus PMB, Cici Citra Wati. 

Selalu bersemangat, selalu berbahagia, juga diakui Wimar sebagai cara menjalani masa pandemi ini. Ia yang sudah berusia 75 tahun itu, masuk kategori yang tidak boleh keluar rumah. Ia juga harus disiplin tetap bekerja dari rumah mengelola perusahaan konsultan komunikasi.