Kamis 16 Jul 2020 16:04 WIB

Asal Mula Permusuhan Abadi Antara Iblis dan Umat Manusia 

Iblis membangkan perintah Allah SWT untuk bersujud kepada Adam AS.

Red: Nashih Nashrullah
Iblis membangkan perintah Allah SWT untuk bersujud kepada Adam AS. Ilustrasi sujud.
Foto: republika/prayogi
Iblis membangkan perintah Allah SWT untuk bersujud kepada Adam AS. Ilustrasi sujud.

REPUBLIKA.CO.ID, Tiada permusuhan yang abadi di dunia ini kecuali permusuhan antara iblis dan anak cucunya dengan manusia. Permusuhan ini berawal di masa yang sangat silam, masa ketika Allah SWT menciptakan Adam, lalu Dia menempatkannya di surga yang penuh kenikmatan.

Penciptaan menusia ini mendapat protes dari para malaikat. Mengapa Allah menciptakan makhluk yang dikemudian hari akan berbuat kerusakan di dunia serta saling menumpahkan darah? Namun dengan ilmu-Nya Yang Mahaluas, Allah SWT menjawab pertanyaan para malaikat tersebut bahwa Dia Maha Mengetahui apa yang tidak mereka ketahui. 

Baca Juga

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".” (QS Albaqarah [2]: 30).