Selasa 13 Oct 2020 00:02 WIB

Demokrat Dituding Tunggangi Demo, SBY Cerita Fitnah Aksi 411

SBY mengaku tak tahu mengapa Demokrat dituding tunggangi demo tolak Ciptaker.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Bayu Hermawan
 Susilo Bambang Yudhoyono
Foto: Thoudy Badai_Republika
Susilo Bambang Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) angkat bicara soal adanya spekulasi yang berkembang, bahwa Partai Demokrat merupakan dalang di balik demo RUU Cipta Kerja. Tudingan ini mengingatkan SBY pada aksi 411 pada 4 November 2016, di mana tudingan atas dirinya sebagai motor demonstrasi juga muncul. 

SBY mengaku tidak tahu mengapa spekulasi terkait demo RUU Ciptaker itu berkembang dan mengarah pada dirinya dan Partai Demokrat. "Barangkali nasib saya dibeginikan terus ya, enggak tau saya, memang kalau saya ikuti kembali seperti yang saya alami pada 2016 dulu," ujar SBY dalam video yang diunggah di akun Youtube-nya pada Senin (12/10).

Baca Juga

"Saya dituduh difitnah menunggangi menggerakkan membiayai sama dengan sekarang sebuah gerakan unjuk rasa besar," ujar Mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu. 

Pada 2016 lalu, massa melakukan demonstrasi terkait pernyataan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok lantaran dianggap menistakan agama Islam. Terjadi gelombang aksi besar di Ibu Kota dan sempat terjadi keticuhan. SBY belakangan dituding ada di balik aksi tersebut. Tentu saja, SBY pun membantahnya.