Senin 02 Nov 2020 19:48 WIB

DJKN Jatim Akui Covid-19 Sebabkan Penurunan Lelang

Kanwil DJKN Jawa Timur akan terus berupaya meningkatan kinerja di sisa waktu yang ada

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fuji Pratiwi
Warga mengamati mobil yang dilelang oleh Kementerian Keuangan (ilustrasi). Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Timur menyatakan, pandemi Covid-19 berdampak terhadap kinarja lelang barang.
Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
Warga mengamati mobil yang dilelang oleh Kementerian Keuangan (ilustrasi). Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Timur menyatakan, pandemi Covid-19 berdampak terhadap kinarja lelang barang.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Timur, Etto Sunaryanto menyatakan, pandemi Covid-19 berdampak terhadap kinarja lelang barang. Dimana pelaksanaan lelang mengalami penurunan hingga 50 persen.

"Thun lalu pelaksanaan lelang mampu dilakukan 6.400 kali sementara tahun ini hanya bisa dilakukan 3.200 kali," ujar Etto dalam acara webinar di Surabaya, Senin (2/11).

Baca Juga

Etto menegaskan, Kanwil DJKN Jawa Timur akan terus berupaya meningkatan kinerja di sisa waktu yang ada. Berbagai strategi pun disiapkan demi meningkatkan kinerja tersebut. Salah satunya dengan menggelar Virtual Expo Lelang (VEL) Jatim 2020 yang digelar mulai 2 hingga 13 November 2020.

VEL Jatim 2020, kata Etto, dilakukan secara virtual agar masyarakat sebagai pembeli maupun penjual bisa melihat langsung bagaimana tata cara mengikuti lelang secara terbuka. "DJKN Jatim terus memberi edukasi dan sosialisasi soal pelelangan barang yang dilakukan. Hal ini untuk menghindari maraknya penipuan," ujar dia.

Kepala BRI Surabaya, Triswahyu Herlina mengatakan, BRI Surabaya sangat mendukung langkah Kanwil DJKN Jatim yang menggelar VEL Jatim 2020 dalam upayanya mengedukasi masyarakat. Triswahyu meyakini, meskipun tahun ini catatan lelang mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19, namun tahun depan bisa mengalami perbaikan.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ۨالَّذِيْنَ يَتَرَبَّصُوْنَ بِكُمْۗ فَاِنْ كَانَ لَكُمْ فَتْحٌ مِّنَ اللّٰهِ قَالُوْٓا اَلَمْ نَكُنْ مَّعَكُمْ ۖ وَاِنْ كَانَ لِلْكٰفِرِيْنَ نَصِيْبٌ قَالُوْٓا اَلَمْ نَسْتَحْوِذْ عَلَيْكُمْ وَنَمْنَعْكُمْ مِّنَ الْمُؤْمِنِيْنَ ۗ فَاللّٰهُ يَحْكُمُ بَيْنَكُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ وَلَنْ يَّجْعَلَ اللّٰهُ لِلْكٰفِرِيْنَ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ سَبِيْلًا ࣖ
(yaitu) orang yang menunggu-nunggu (peristiwa) yang akan terjadi pada dirimu. Apabila kamu mendapat kemenangan dari Allah mereka berkata, “Bukankah kami (turut berperang) bersama kamu?” Dan jika orang kafir mendapat bagian, mereka berkata, “Bukankah kami turut memenangkanmu, dan membela kamu dari orang mukmin?” Maka Allah akan memberi keputusan di antara kamu pada hari Kiamat. Allah tidak akan memberi jalan kepada orang kafir untuk mengalahkan orang-orang beriman.

(QS. An-Nisa' ayat 141)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement