Kamis 19 Nov 2020 17:57 WIB

Kasus Covid-19 di 22 Provinsi Terus Naik, Jateng Tertinggi

Jateng, Jabar, dan DKI mencatat kenaikan kasus Covid-19 paling tinggi

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan kasus Covid-19 di 22 provinsi terus mengalami kenaikan pada sepekan terakhir. Provinsi Jawa Tengah menjadi daerah dengan kenaikan kasus tertinggi yakni sebesar 2.377 yang disusul oleh Jawa Barat naik sebesar 875, dan DKI Jakarta naik sebesar 793 kasus.

“Kami ingatkan kepada Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta bahwa tentunya ini bukan prestasi yang baik. Evaluasi harus dilakukan terkait dengan implementasi testing, tracing, dan treatment yang sudah dilakukan,” ujar Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (19/11).

Baca Juga

Sedangkan, Provinsi Sumatera Utara, Maluku Utara, dan NTB mengalami kenaikan kasus pekanan yang paling sedikit. Satgas pun meminta pemerintah daerah di tiga provinsi tersebut agar meningkatkan testing dan tracing untuk menjalankan upaya deteksi dini.

“Semakin dini kasus ditangani, maka peluang kesembuhan akan semakin tinggi. Jika upaya ini dilakukan maka ke 3 provinsi dapat mengalami penurunan kasus pada pekan berikutnya,” kata dia.

Wiku juga menyampaikan terdapat 12 provinsi yang mengalami penurunan kasus pekanan. Daerah yang mengalami penurunan kasus pekanan tertinggi yakni di Kalimantan Barat yang turun 228 kasus, Jawa Timur turun 223 kasus, dan Papua Barat turun 142 kasus.

“Terima kasih sudah berusaha menekan laju penularan sebaik mungkin, tetap semangat dan jangan sampai terlena dengan pencapaian yang telah diraih,” ucap Wiku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement