Selasa 24 Nov 2020 17:42 WIB

Ridwan Kamil Optimistis Pembelian Real Estate Membaik

Emil menawarkan kasawan Rebana Metropolitan kepada REI untuk dibangun hunian.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Fuji Pratiwi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ridwan Kamil optimistis daya beli masyarakat untuk produk hunian akan membaik.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ridwan Kamil optimistis daya beli masyarakat untuk produk hunian akan membaik.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil Rebana Metropolitan sendiri diproyeksikan menjadi masa depan ekonomi Jabar dengan 13 kota baru di sana. Dengan membaiknya ekonomi, diharapkan daya beli produk hunian oleh masyarakat juga meningkat.

Ia menjelaskan, pada 2021 akan ada lima kota baru yang berbasis kawasan industri di Rebana Metropolitan. Di sana akan tersedia lahan-lahan untuk REI sebagai kolaborasi bersama pemerintah daerah dan sinergitas dengan buruh. 

Baca Juga

"Itu salah inovasi yang akan dilakukan di Jabar sehingga pada 2021 awal ada yang dibangun. Ini juga akan menambah jumlah rumah yang layak secara umum," kata Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil saat membuka Musyawarah Daerah ke-12 DPD REI Jabar melalui konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/11). 

Selain itu, secara umum Emil pun berharap pada 2021 ekonomi bisa semakin membaik. Sehingga, ada peningkatan daya beli masyarakat termasuk untuk produk real estate. 

Harapannya setelah ekonomi membaik pada 2021 kita bisa melihat kenaikan daya beli dari masyarakat termasuk dalam mengakusisi dan membeli produk real estate," kata dia.

Adapun Rebana Metropolitan merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon. 

Sebagai jantung pertumbuhan kawasan ini, ada Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang dan Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka yang berfungsi sebagai pusat konektivitas dan logistik. 

Rebana Metropolitan diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jabar melalui pengembangan kawasan industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi, dan berkelanjutan.

Dengan 13 kota baru, Rebana Metropolitan dinilai bisa meningkatkan lima persen ekonomi dan menghadirkan 4,3 juta lapangan kerja di 2030.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement