Senin 01 Feb 2021 17:17 WIB

Jumlah Zakat di Solok Naik Jadi Rp 8,7 Miliar Selama 2020

Pandemi tidak mengurungkan semangat masyarakat berzakat.

Red: Ani Nursalikah
Jumlah Zakat di Solok Naik Jadi Rp 8,7 Miliar Selama 2020
Foto:

"Saat ini, 73 nagari sudah menerima Surat Keputusan (SK) UPZ 25 nagari yang sudah bergerak aktif, dan tinggal lagi Nagari Sungai Lasi yang belum," kata dia.

Program tersebut sudah dilakukan sejak dua tahun yang lalu. Kemudian untuk menggenjot semangat UPZ di setiap nagari, ia memberikan hadiah berupa bantuan di setiap nagari.

"Kami juga memberikan bantuan terhadap masyarakat yang membutuhkan di setiap nagari melalui UPZ. Bahkan jika UPZ mampu mengumpulkan zakat sebanyak Rp 5 juta, maka kami akan menambah dua kali lipat untuk nagari itu," kata dia.

Ia mengatakan setiap zakat yang dikumpulkan tersebut akan diserahkan lagi ke masyarakat yang membutuhkan, berupa bantuan beasiswa pendidikan, bantuan untuk guru yang kurang mampu, bantuan konsumtif, bantuan ekonomi produktif, bantuan bedah rumah, dan beberapa bantuan lainnya.

"Bahkan pada 2020, kami telah menyerahkan bantuan beasiswa ke 228 mahasiswa senilai Rp 250,1 juta dan bantuan bedah rumah sebanyak 20 KK atau senilai Rp 500 juta," ucap dia.

 

Ia menargetkan pengumpulan zakat pada 2021 ini sebanyak Rp 9 miliar. "Kami yakin akan melebihi target karena adanya program UPZ per nagari dan dukungan Pemkab Solok," ujar dia.

photo
Fatwa MUI tentang Pemanfaatan Zakat untuk Penanggulangan Covid-19 - (Pusat Data Republika)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement