Sabtu 06 Feb 2021 15:59 WIB

Julie Andrews Sangat Kehilangan Christopher Plummer

Julie Andrews mengatakan dunia kehilangan aktor yang sempurna.

Red: Indira Rezkisari
Julie Andrews
Foto: EPA
Julie Andrews

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lawan main Christopher Plummer dalam film The Sound of Music yang rilis tahun 1965) Julie Andrews merasa sangat kehilangan sosok sang Captain von Trapp. Plummer meninggal pada usia 91 tahun.

"Dunia telah kehilangan aktor yang sempurna hari ini dan saya telah kehilangan seorang teman yang saya cintai," kata Andrews dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters, Sabtu (6/2). "Saya menghargai kenangan dari kerja sama kami dan semua humor dan kesenangan yang kami bagi selama bertahun-tahun."

Baca Juga

Kabar kepergian Plummer diumunkan oleh sahabat sekaligus manajernya Lou Pitt mengabarkan pada Jumat (5/2). "Chris adalah pria luar biasa yang sangat mencintai dan menghormati profesinya dengan tata krama kuno yang hebat, humor yang mencela diri sendiri dan musik kata-kata," kata manajer Lou Pitt dalam sebuah pernyataan.

Plummer meninggal dengan damai di rumahnya di Connecticut dengan istrinya Elaine Taylor di sisinya. Salah satu peran utama terakhir Plummer adalah sebagai komedi gelap Knives Out pada tahun 2019.

"Ini benar-benar memilukan," kata rekan main Knives Out, Chris Evans, di Twitter. "Sungguh kerugian yang luar biasa. Hanya sedikit karier yang memiliki umur panjang dan dampak yang begitu besar. Salah satu kenangan favorit saya dari Knives Out adalah bermain piano bersama di rumah Thrombey di antara set-up. Dia adalah pria yang baik dan bakat legendaris."

Plummer, seorang aktor Shakespeare ulung yang dihormati untuk pekerjaan panggung, televisi dan filmnya yang bervariasi dalam karier yang berlangsung selama lebih dari enam dekade. Ia terkenal karena perannya dalam The Sound Of Music, yang pada saat itu melampaui Gone With the Wind (1939) sebagai film berpenghasilan tertinggi yang pernah ada.

Plummer terkenal lewat perannya sebagai seorang ayah tunggal Captain von Trapp lawan main Julie Andrews dalam film musikal The Sound Of Music. Pada 2012, dia jadi aktor tertua yang meraih Oscar pada usia 82 lewat perannya sebagai pria tua yang akhirnya mengaku gay dalam film Beginners.

Plummer muncul di lebih dari 100 film dan juga dinominasikan untuk Oscar untuk perannya sebagai penulis Rusia Leo Tolstoy dalam The Last Station tahun 2009. Dia memenangkan dua Tony Awards untuk karyanya di Broadway, dua Emmy Awards untuk karya TV dan tampil untuk beberapa perusahaan teater top dunia.

Namun bagi banyak penggemar, kariernya ditentukan oleh penampilannya sebagai duda yang tegas dalam The Sound Of Music. Peran tersebut disebutnya sosok kardus, tanpa humor dan satu dimensi. Dalam otobiografinya tahun 2008 In Spite Of Myself, Plummer mengacu pada film dengan akronim nakal S&M.

Dia membutuhkan waktu empat dekade untuk mengubah pandangannya terhadap film tersebut dan menganggapnya sebagai film yang luar biasa yang membuatnya bangga.

Film sentimental sutradara Robert Wise mengikuti nyanyian keluarga von Trapp dan pelarian mereka pada tahun 1938 dari Nazi setelah kapten dengan tujuh anak Plummer jatuh cinta dengan calon biarawati yang diperankan oleh Andrews. Film ini memenangkan Academy Award sebagai film terbaik tahun 1965.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلرِّجَالُ قَوَّامُوْنَ عَلَى النِّسَاۤءِ بِمَا فَضَّلَ اللّٰهُ بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍ وَّبِمَآ اَنْفَقُوْا مِنْ اَمْوَالِهِمْ ۗ فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُ ۗوَالّٰتِيْ تَخَافُوْنَ نُشُوْزَهُنَّ فَعِظُوْهُنَّ وَاهْجُرُوْهُنَّ فِى الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوْهُنَّ ۚ فَاِنْ اَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوْا عَلَيْهِنَّ سَبِيْلًا ۗاِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيْرًا
Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang saleh adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Mahatinggi, Mahabesar.

(QS. An-Nisa' ayat 34)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement