Kamis 29 Apr 2021 08:54 WIB

Harry dan Meghan Gabung di Konser Vaksin Covid-19

Konser vaksin bertajuk 'Vax Live' akan banyak bertabur bintang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
 Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tampil di konser bertabur bintang yang bertujuan untuk meningkatkan akses ke vaksin Covid.
Foto: Daniel Leal-Olivas/Pool Photo via AP
Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tampil di konser bertabur bintang yang bertujuan untuk meningkatkan akses ke vaksin Covid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tampil di konser bertabur bintang yang bertujuan untuk meningkatkan akses ke vaksin Covid. Pasangan itu dipercaya menjadi ketua kampanye acara 'Vax Live', yang diselenggarakan oleh kelompok anti-kemiskinan Global Citizen. Presiden AS Joe Biden juga akan tampil di konser yang dipandu oleh bintang pop Selena Gomez tersebut.

"Kita semua akan mendapat manfaat, kita semua akan lebih aman, ketika semua manusia, di mana pun, memiliki akses yang sama terhadap vaksin," kata Harry dan Meghan dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

"Kita harus mengejar distribusi vaksin yang adil. Karena itulah, kita harus mengembalikan kepercayaan pada kemanusiaan kita bersama," tambah keduanya seperti dilansir dari BBC pada Kamis (29/4).

Acara tersebut akan direkam pada Ahad di Stadion SoFi di Los Angeles, dan disiarkan pada tanggal 8 Mei. Vax Live menyerukan kepada pemerintah untuk berkomitmen pada ekuitas vaksin dengan menyumbangkan dosis dan sumber daya.

Kampanye tersebut juga mendorong publik dan pihak swasta berdonasi untuk setiap dosis vaksin, dan agar perusahaan farmasi menyediakan vaksin dengan harga nirlaba. Dalam peran mereka sebagai ketua kampanye, Harry dan Meghan telah mendorong sektor swasta untuk memberikan sumbangan kepada Covax, yang dipimpin bersama oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan bertujuan untuk memastikan vaksin dibagikan secara adil di antara semua negara kaya maupun msikon.

Lebih dari satu miliar dosis vaksin Covid-19 kini telah diberikan di seluruh dunia. Tetapi masih terjadi ketimpangan, dimana beberapa negara telah sukses memberikan vaksin ke sebagian besar populasi, sementara negara lain masih menunggu pengiriman pertama tiba.

Konser tersebut akan menampilkan pertunjukan dari artis termasuk Jennifer Lopez, Foo Fighters dan Eddie Vedder dari Pearl Jam. Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, dan Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovic juga akan hadir. Tahun lalu, Global Citizen bermitra dengan WHO untuk mengadakan konser virtual untuk merayakan petugas kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement