Kamis 03 Jun 2021 09:35 WIB

Goldman Sachs: Bitcoin Lebih Mirip Tembaga Dibanding Emas

Peneliti Goldman Sachs telah menolak perbandingan antara Bitcoin dan emas

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Goldman Sachs: Bitcoin Lebih Mirip Tembaga Dibanding Emas (Foto: Reuters/Lucas Jackson)
Goldman Sachs: Bitcoin Lebih Mirip Tembaga Dibanding Emas (Foto: Reuters/Lucas Jackson)

Jeff Currie, kepala penelitian komoditas global di Goldman Sachs, telah menolak perbandingan antara Bitcoin dan emas sebagai lindung nilai inflasi, dan menggambarkan BTC lebih mirip dengan aset "berisiko" seperti tembaga.

Berbicara di CNBC's Squawk Box Europe pada 1 Juni, Currie mencatat bahwa tembaga dan Bitcoin keduanya berfungsi sebagai "aset berisiko" untuk lindung nilai karena volatilitasnya sambil menggambarkan emas sebagai lindung nilai "bebas risiko" yang lebih stabil.

Baca Juga: JPMorgan: Harga Bitcoin Masih Akan Turun Lagi

"Mata uang digital bukan pengganti emas. Jika ada, mereka akan menjadi pengganti tembaga, mereka adalah aset pro-risiko. Mereka adalah pengganti risiko lindung nilai inflasi bukan lindung nilai inflasi tanpa risiko," katanya dikutip dari Cointelegraph, Rabu (2/6/2021).

“Anda melihat korelasi antara Bitcoin dan tembaga, atau ukuran selera risiko dan Bitcoin, dan kami memiliki 10 tahun sejarah perdagangan Bitcoin – ini jelas merupakan aset berisiko,” tambahnya.

Komentar Currie muncul setelah penurunan crypto baru-baru ini, yang telah membuat harga Bitcoin turun 36,8% dalam beberapa minggu menurut CoinGecko, turun dari sekitar $57.000 pada 12 Mei menjadi sekitar $36.000 hari ini.

Ethereum juga mengalami pukulan serupa, turun 39,58%, bergerak dari sekitar $4.300 pada 12 Mei menjadi sekitar $2.598.

Tembaga telah mengalami banyak volatilitas pada tahun 2021. Pada 3 Januari dihargai $3,56 dan naik menjadi 4,30 pada 24 Februari. Harga kemudian berfluktuasi antara $3,50 hingga $4,00 dari Maret hingga menembus ke $4,80 pada 10 Mei. Harganya sekarang duduk di $4,65.

Bos Goldman Sachs sebelumnya berargumen dalam catatan April bahwa Bitcoin belum dapat dilihat sebagai emas digital, karena “rentan kehilangan permintaan simpanan nilai ke cryptocurrency lain yang dirancang lebih baik,” menambahkan bahwa: “Kami pikir itu terlalu lebih awal bagi Bitcoin untuk bersaing dengan emas untuk permintaan safe-haven dan keduanya dapat hidup berdampingan."

Menurut TradingView, sejak 1 April emas berada dalam tren naik, meningkat dari $1686 hingga $1900 pada hari ini.

Dalam sebuah catatan di hari Senin, Currie menyatakan bahwa dia percaya komoditas dengan penggunaan dunia nyata adalah lindung nilai terbaik terhadap inflasi karena pada akhirnya bergantung pada permintaan, dan bukan tingkat pertumbuhan:

“Komoditas adalah aset spot yang tidak bergantung pada tingkat pertumbuhan ke depan tetapi pada tingkat permintaan relatif terhadap tingkat penawaran saat ini.”

“Akibatnya, mereka melakukan lindung nilai terhadap inflasi jangka pendek yang tak terduga, yang tercipta ketika tingkat permintaan agregat melebihi pasokan di tahap akhir siklus bisnis,” tambah catatan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement