Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

 

29 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Saudi Dukung Kesepakatan Cegah Iran Miliki Senjata Nuklir

Rabu 04 Aug 2021 07:53 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih

Fasilitas nuklir Iran.

Fasilitas nuklir Iran.

Foto: google.com
Arab Saudi mendukung negosiasi penghidupan kembali kesepakatan nuklir

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH – Arab Saudi mendukung negosiasi penghidupan kembali kesepakatan nuklir yang tengah dilakukan Amerika Serikat (AS) dan Iran. Namun Riyadh menekankan kesepakatan itu harus memastikan Teheran tak membangun atau memiliki senjata nuklir.

 

“Kami tentu mendukung kesepakatan dengan Iran selama kesepakatan itu memastikan Iran, sekarang atau tidak akan pernah, mendapatkan akses ke teknologi senjata nuklir, jadi itulah tantangannya,” kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan pada Selasa (3/8), dikutip dari laman Al Arabiya.

Baca Juga

Dia menyambut keterlibatan kuat antara Saudi, AS, dan mitra Eropanya atas diskusi penghidupan kembali kesepakatan nuklir 2015 atau Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) yang sedang berlangsung di Wina, Austria. Pangeran Faisal mengungkapkan Saudi akan sangat menyambut Iran sebagai bagian yang produktif dari kawasan.

Terkait hal tersebut, dia mengutip aksi Iran memasok senjata ke kelompok Houthi di Yaman. Selain itu, Pangeran Faisal menyebut Iran turut membahayakan lalu-lintas pengiriman di perairan Teluk Arab. Teheran diketahui telah dituding bertanggung jawab atas serangkaian serangan yang menargetkan kapal dagang atau kapal tanker di wilayah perairan di sana.

“Semua orang ingin mengatasi aktivitas regional Iran yang memfitnah yang mengganggu kestabilan kawasan dan menyebabkan risiko tidak hanya bagi kami, tetapi juga keamanan global serta ekonomi global. Bagaimana menuju ke sana masih sesuatu yang saya pikir sedang didiskusikan,” kata Pangeran Faisal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile