Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

10 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Cerita Para WNI Rayakan HUT ke-76 di Brussel

Rabu 18 Aug 2021 14:22 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih

Perayaan dan upacara memperingati HUT RI ke-76 di Belgia, Selasa (17/8) waktu setempat

Perayaan dan upacara memperingati HUT RI ke-76 di Belgia, Selasa (17/8) waktu setempat

Foto: dok KBRI Brussel
Peringatan HUT RI ke-76 di KBRI Belgia berlangsung pada Selasa (17/8) waktu setempat

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSEL - Peringatan HUT RI ke-76 di KBRI Brussel berlangsung pada Selasa (17/8) waktu setempat. Meskipun terbatas karena masih terhalang pandemi, tapi berbagai pihak merayakan hari kemerdekaan RI dengan sambil tetap menerapkan protokol kesehatan.

Perayaan HUT RI dihadiri oleh Dubes RI untuk Belgia dan Luksemburg Andri Hadi, staf, dan keluarga besar KBRI. Upacara kali ini juga dihadiri oleh para lurah dari berbagai kota di Belgia dan Luksemburg, tokoh, dan perwakilan masyarakat. Dubes RI Andri Hadi dalam sambutannya berharap tahun depan dapat merayakan hari kemerdekaan Indonesia dengan lebih meriah dengan jumlah masyarakat yang lebih banyak.

Baca Juga

Dubes RI juga berbagi capaian-capaian diplomasi KBRI Brussel. "Di bidang politik, KBRI Brussel terus melakukan engagement dengan pihak eksekutif, anggota parlemen, dan berbagai mitra kerja," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Republika pada Selasa (17/8).

Kunjungan Menteri Luar Negeri Uni Eropa (UE) Josep Borrell ke Indonesia pada Juni 2021 dinilai menunjukkan Indonesia adalah salah satu negara penting bagi UE. Di bidang ekonomi, perundingan Indonesia-EU CEPA terus didorong untuk diselesaikan.

Jika disepakati, perjanjian ini berpotensi meningkatkan nilai perdagangan Indonesia dan Uni Eropa sebesar USD 2 miliar. "KBRI Brussel juga gencar menjalin kerja sama pengadaan vaksin dengan Uni Eropa dan negara-negara anggotanya," tuturnya.

Meski pandemi, kata Dubes, promosi mengenai Indonesia juga tidak terhenti. Tahun ini KBRI juga sempat melakukan promosi Wonderful Indonesia di trem kota Brussel.

Selain menyelenggarakan upacara KBRI Brussel juga menyelenggarakan kompetisi video perayaan HUT RI ke-76 dengan tema Aku dan Indonesia. Kompetisi ini menjadi ajang unjuk semangat para diaspora Indonesia di Belgia dan Luksemburg dalam merayakan HUT RI ke-76.

Video-video hasil kompetisi ini ditayangkan di media sosial dan Youtube KBRI. Tidak hanya itu, perayaan HUT RI tahun ini juga dilakukan dalam jumlah yang lebih kecil yang dapat dilakukan di luar ruangan. Ada yang berkumpul bersama teman dan keluarga, menikmati makanan Indonesia, piknik di taman-taman kota, mancing bersama, dan lain-lain.

Peringatan HUT RI ke-76 semakin khidmat dan bermakna dengan panjatan doa-doa dan harapan agar pandemi di tanah air segera membaik dan bumi pertiwi Indonesia segera pulih kembali.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile