Selasa 24 Aug 2021 12:19 WIB

PPKM Turun Level tapi Kematian Akibat Covid Masih Tinggi

Perlu ada analisa mendalam tentang kematian akibat Covid-19.

Red: Indira Rezkisari
Petugas pemikul jenazah mengenakan alat pelindung diri (APD) memanjatkan doa usai memakamkan jenazah dengan protokol Covid-19 di TPU Kihafit, Leuwigajah, Kota Cimahi, Ahad (22/8). Petugas pemikul jenazah mengatakan, pada bulan ini pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19 di TPU Kihafit mengalami penurunan, dimana pada bulan lalu mencapai 5 hingga 10 jenazah per hari kini 1 hingga 2 jenazah per hari. Foto: Republika/Abdan Syakura
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Petugas pemikul jenazah mengenakan alat pelindung diri (APD) memanjatkan doa usai memakamkan jenazah dengan protokol Covid-19 di TPU Kihafit, Leuwigajah, Kota Cimahi, Ahad (22/8). Petugas pemikul jenazah mengatakan, pada bulan ini pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19 di TPU Kihafit mengalami penurunan, dimana pada bulan lalu mencapai 5 hingga 10 jenazah per hari kini 1 hingga 2 jenazah per hari. Foto: Republika/Abdan Syakura

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Rizky Suryarandika, Rr Laeny Sulistyawati, Antara

Penurunan kasus positif Covid-19 secara tren terus terjadi di Tanah Air. Didasari tren penurunan, Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) juga perlahan terus dilonggarkan. Di saat kasus positif menurun, angka kematian tapi belum menurun signifkan.

Baca Juga

Guru Besar FKUI Prof Tjandra Yoga Aditama memantau masih tingginya angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia. Ia memantau secara umum jumlah kasus baru harian Covid-19 turun, antara lain karena pelaksanaan PPKM sejak awal Juli 2021. Tetapi di sisi lain angka kematian malah masih tinggi.  

Prof Tjandra mendapati laporan pada 17 Agustus 2021 menunjukkan ada 1.180 warga Indonesia yang wafat dalam sehari. Bahkan angka rata-rata kematian tujuh hari dalam periode itu adalah 1.342 orang.

"Sesudah itu angkanya juga masih terus tinggi, 1.128 yang wafat di laporan 18 Agustus, meningkat lagi menjadi 1.492 yang meninggal di tanggal 19 Agustus dan menjadi 1.348 di 20 Agustus 2021, dengan angka kematian rata-rata 7 hari sejumlah 1.269 orang," kata Prof Tjandra dalam keterangan persnya, Selasa (24/8).

Prof Tjandra menyebut di awal PPKM darurat diberlakukan pada 3 Juli 2021 jumlah yang wafat hari itu adalah 493 orang. Adapun angka kematian rata-rata tujuh hari sejumlah 471 orang.

"Jadi angka kematian sesudah 17 Agustusan ini adalah setidaknya dua kali lebih tinggi dari saat PPKM darurat dimulai," ujar Mantan Direktur WHO Asia Tenggara tersebut.

Selain itu, Prof Tjandra menyebut Case Fatality Rate (CFR) Indonesia lebih tinggi dari kebanyakan negara tetangga ASEAN dan beberapa negara lain. Rinciannya Indonesia 3,2 persen, Malaysia  0,9 persen, Thailand 0,9 persen, Kamboja 2 persen, Vietnam 2,2 persen, Singapura 0,1 persen, Laos 0,1 persen, Myanmar 3,8 persen, Timor Leste 0,3 persen, Korea Selatan 0,9 persen, USA 1,7 persen dan India 1,3 persen.

Oleh karena itu, Prof Tjandra menganjurkan sebaiknya dibuat analisa mendalam tentang kematian dalam 2 aspek. "Yaitu pertama, pola kematian di masyarakat, di mana meninggalnya? Apakah sudah ke RS? apakah ada komorbid? Apakah dalam konsultasi dengan nakes? Dan kedua, dianalisa penyebab kematian di RS sesuai International Classification of Diseases (ICD)," ucap Prof Tjandra.

Prof Tjandra berharap dengan kedua analisa mendalam ini maka penanganan selanjutnya akan lebih baik atau sesuai prinsip evidence-based decision making process. "Semoga jumlah yang wafat akibat Covid-19  kematian di negara kita dapat segera ditekan, dan ini harus jadi prioritas utama sekarang ini," tutur Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI itu.

Terkait angka kematian yang tinggi meski kasus positif sudah menurun, Prof Tjandra meminta pemantauan kondisi pasien isolasi mandiri atau isoman. Ia menduga, perburukan pasien isoman berkolerasi dengan tingginya angka kematian akibat Covid-19.

Prof Tjandra menganalisa mereka yang menjalani isoman bisa saja mengalami penurunan kondisi kesehatan karena penyakit penyerta (komorbid). Sehingga ia meminta mereka yang isoman memperhatikan komorbidnya.

"Pada yang isolasi mandiri di rumah atau fasilitas isoter maka bukan tidak mungkin perburukan terjadi bukan hanya karena Covid-19. Tapi juga adanya komorbid yang tidak terkontrol baik," kata dia.

Oleh karena itu, Prof Tjandra menyarankan sejumlah hal kepada mereka yang dirawat/diisolasi di luar rumah sakit. Pertama, mereka harus memeriksa gejala, suhu dan saturasi oksigen pagi dan sore. Kedua, melakukan pola hidup bersih sehat, termasuk makan bergizi, aktivitas fisik dan mengelola stress. Ketiga, melakukan komunikasi secara teratur dengan petugas kesehatan.

"Dan terakhir tentang obat, maka ada dua hal, yaitu obat untuk menangani ko-morbidnya kalau ada dan juga kalau memang diperlukan vitamin atau obat tertentu untuk Covid-19 ya," ujar mantan Direktur WHO Asia Tenggara tersebut.

Selain itu, Prof Tjandra meminta mereka yang menjalani isoman terus menjaga komunikasi dengan petugas kesehatan. Hal ini guna mencegah situasi darurat terjadi tanpa pantauan petugas kesehatan.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat, kasus kematian akibat Covid bertambah sebanyak 842 orang pada Senin (23/8). Dengan penambahan ini, maka total kasus kematian mencapai 127.214 kasus.

Jika dibandingkan pada hari-hari sebelumnya, angka kasus kematian pada Senin lebih rendah dibandingkan Ahad (22/8) yang sebesar 1.030 kasus. Sedangkan pada Sabtu (21/8), kasus kematian mencapai 1.361.

Dari data Satgas, lima provinsi yang menyumbangkan kasus kematian harian tertinggi hari ini yakni Jawa Timur dengan 189 kasus meninggal. Disusul Jawa Tengah menambahkan 98 kasus meninggal, Bali melaporkan 66 kasus, Lampung 58 kasus meninggal, dan DI Yogyakarta 39 kasus.

Pemerintah mengeklaim pemberlakuan PPKM berhasil menurunkan kasus Covid-19 di Tanah Air. Penurunan kasus nasional namun belum konsisten. Menurut Kemenkes tidak konsistennya penurunan kasus karena masih ada penambahan kasus di luar Jawa dan Bali.

"Luar Jawa-Bali masih ada tren peningkatan kasus (Covid-19)," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, saat dihubungi Republika, Senin (23/8). Kasus Covid-19 di luar Jawa dan Bali yang masih belum turun membuat Kemenkes mengaku akan terus memantau ketat daerah.

Sejauh ini PPKM telah menurunkan 40-45 persen kasus Covid-19. Ini terbukti dengan angka positif (positivity rate) yang kini sebesar 19,25 persen. Kemenkes menilai, PPKM juga mengurangi laju penularan virus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement