Ahad 19 Sep 2021 05:33 WIB

Lembaran Aluminium Penyelamat Kebakaran di AS

Lembaran aluminium jadi penyelamat kebakaran rumah di AS.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)
Foto:

Lembaran aluminium fleksibel yang ditempelkan Diky ke rumah seharga 700.000 dolar AS itu tidak banyak digunakan karena mahal dan sulit dipasang. Padahal benda itu telah menyelamatkan beberapa properti, termasuk kabin bersejarah yang dikelola oleh pemerintah Amerika Serikat (AS).

Petugas pemadam kebakaran bahkan membungkus pangkal pohon terbesar di dunia pada pekan ini dengan benda itu. Upaya ini dilakukan untuk melindunginya dari kebakaran hutan yang membakar di dekat hutan sequoia raksasa tua yang terkenal di Taman Nasional Sequoia California.

Kehebatan aluminium ini pun terjadi setelah rumah terbungkus di dekat Danau Tahoe selamat dari Kebakaran Caldor, sekitar 32 kilometer sebelah barat rumah Diky. Sementara rumah-rumah tetangganya sudah hancur dilalap api.

Pembungkus mengalihkan panas dari bangunan, membantu mencegah bahan yang mudah termakan api terbakar. Itu juga menjaga bara di udara agar tidak menyelinap melalui ventilasi dan bukaan lain di rumah. Dengan dukungan fiberglass dan perekat akrilik, pembungkus dapat menahan panas hingga 550 Celcius.

Sampai sekitar satu dekade yang lalu, sebagian besar kerusakan akibat kebakaran disebabkan oleh rumah-rumah yang terbakar saat api membakar vegetasi di dekatnya. Studi terbaru menunjukkan peran yang lebih besar adalah kebakaran struktur-ke-struktur yang menyebar dalam efek domino karena panas yang luar biasa yang menyebabkan bahan-bahan manufaktur meledak menjadi api.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement