Ahad 19 Sep 2021 05:33 WIB

Lembaran Aluminium Penyelamat Kebakaran di AS

Lembaran aluminium jadi penyelamat kebakaran rumah di AS.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)
Foto:

Perusahaan tempat Diky membeli pembungkus rumahnya mendapat sekitar 95 persen dari penjualannya dari Dinas Kehutanan dan Dinas Taman Nasional AS. Presiden an pendiri Firezat Inc Dan Hirning memperkirakan Dinas Kehutanan telah membungkus 600 hingga 700 bangunan, jembatan, menara komunikasi, dan struktur lainnya di hutan nasional tahun ini saja. 

Pejabat Dinas Kehutanan mengatakan telah menggunakan pembungkus selama beberapa tahun di seluruh Amerika Barat untuk melindungi struktur sensitif. Di Danau Tahoe, mereka telah membungkus Angora Ridge Lookout, sebuah menara pengintai kebakaran bersejarah yang terdaftar secara nasional.

"Seringkali, properti Dinas Kehutanan dibungkus dengan baik sebelum kebakaran," kata kepala batalion Dinas Kehutanan, Phil Heitzke.

Seorang profesor teknik mesin di Case Western Reserve University Fumiaki Takahashi menerbitkan 10 tahun penelitian tentang pembungkus pelindung di jurnal Frontiers in Mechanical Engineering pada 2019. Studi ini mengatakan bahwa pembungkus aluminium menunjukkan kinerja yang luar biasa dan keterbatasan teknis.

Menurut Takahashi, permukaan aluminium memblokir hingga 92 persen panas konvektif dan hingga 96 persen radiasi. Pembungkusan paling efektif jika kebakaran hutan terjadi dengan paparan kurang dari 10 menit. 

Namun, aluminium kurang efektif di daerah dengan perumahan kepadatan tinggi. Hal ini akibat penyebaran api dapat membakar selama berjam-jam tanpa dihentikan oleh petugas pemadam kebakaran.

 

"Menunjukkan janji untuk menjadi efektif, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengembangkan perlindungan yang lebih efisien namun tetap ringan terhadap kebakaran hebat," kata Takahashi. Dwina Agustin/ap

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement