Selasa 28 Sep 2021 16:19 WIB

Indonesia Target Bebas Sampah Plastik pada 2040

Pada 2025, Indonesia menargetkan mengurangi limbah laut sebanyak 70 persen.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Nelayan beraktivitas di dekat tumpukan sampah plastik yang mencemari muara sungai di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (2/4/2020). Pemerintah setempat kesulitan menangani sampah plastik yang mencemari muara sungai tersebut karena sebagian besarnya adalah bawaan dari air laut ketika pasang.
Foto:

Menurut Co-Director of the Korea-Indonesia Marine Technology Cooperation Research Center (MTCRC), Dr. Hansan Park, penyelesaian masalah limbah laut harus berfokus pada manajemen limbah yang saat ini masih belum optimal di Indonesia.

"Ini bukan hanya masalah limbah laut, ini dimulai dari kebiasaan masyarakat lalu juga dalam manajemen limbah, dan daur ulang (recycling) limbah," ujar Dr. Hansan Park dalam workhop Indonesian Next Generation Journalist Network on Korea yang diselenggarakan oleh Foreign Policy Community of Indonesia, Selasa (28/9).

MTCRC adalah pusat penelitian maritim bersama antara Republik Korea dan Indonesia. Didirikan pada 2018, lembaga ini telah melaksanakan berbagai kegiatan riset dan penelitian di bidang maritim di Indonesia.

MTCRC sebagai pelaksana kegiatan penelitian dan survei, diperkuat oleh tim peneliti dari Korea dan Indonesia. Pemerintah Korea diwakilkan oleh KIOST (Korea Institute of Ocean Science and Technology), sementara Indonesia diwakilkan oleh peneliti dari ITB (Institut Teknologi Bandung).

Dr. Hansan Park menjelaskan, terkait dengan limbah laut, lembaga ini telah melakukan berbagai riset, yakni studi literatur tentang karakteristik emisi limbah laut, perancangan model numerik untuk analisis sebaran dan hanyut sampah laut, dan survei dasar dari area laut yang sebenarnya dari area limbah laut utama.

 

Dalam pelaksanaan program untuk mengatasi limbah laut, MTCRC melalui local community support juga telah melaksanakan gerakan bersih pantai di Cirebon yang mengikutsertakan berbagai elemen masyarakat. Sekitar 1 ton sampah berhasil dikumpulkan dari kegiatan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement