Selasa 05 Oct 2021 05:53 WIB

Panglima TNI, KSAL, dan KSAU Ziarah ke Taman Makan Kalibata

Ziarah dilakukan di makam Jenderal Besar AH Nasution hingga Pahlawan Revolusi.

Red: Erik Purnama Putra
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan Wakil KSAD Letjen Bakti Agus Fadjari di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/10).
Foto: Dok Puspen TNI
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan Wakil KSAD Letjen Bakti Agus Fadjari di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/10).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melaksanakan ziarah nasional dan tabur bunga di makam almarhum Presiden ke-3 RI Prof Dr Ing BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/10). Acara itu dalam rangka memperingati HUT ke-76 TNI tahun 2021 sekaligus mengenang jasa almarhum eks RI 1.

Tidak hanya itu, peringatan HUT TNI juga untuk menenang perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya hingga gugur demi kemerdekaan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Di TMPNU Kalibata, Hadi juga melakukan tabur bunga di makam eks Wapres Jenderal TNI (Purn) Umar Wirahadikusuma, Menhankam Jenderal Besar AH Nasution, Panglima Angkatan Darat Jenderal (Purn) Ahmad Yani, Menhankam/Panglima TNI Jenderal (Purn) Edi Sudradjat, dan almarhumah Negara Ibu Hasri Ainun Habibie.

Juga, tabur bunga dilakukan di makam Pahlawan Revolusi, yaitu Letjen (Purn) RD Suprapto, Letjen (Purn) MT Harjono, Letjen (Purn) S Parman, dan Mayjen (Purn) Sutojo Siswomi Hardjo.

Hadi datang didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo. Adapun Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa terpantau tidak hadir. Dia diwakili Wakil KSAD Letjen Bakti Agus Fadjari.

Hadir pula Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono, Inspektur Jenderal (Irjen) Letjen (Mar) Bambang Suswantono, dan Danjen Akademi TNI Marsdya Andyawan Martono. "Kegiatan ini salah satu bentuk soliditas dan sinergitas TNI AD, AL, dan AU untuk melaksanakan fungsi pertahanan dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI," kata Hadi di lokasi.

Ziarah nasional dan tabur bunga juga dilaksanakan di makam Presiden ke-1 RI Ir Sukarno di Blitar, dengan inspektur upacara (irup) Pangdam V/Brawijaya Mayjen Suharyanto dan makam Presiden ke-4 RI KH Abdurrohman Wahid di Jombang yang dipimpin oleh Dankodiklatal Laksdya Nurhidayat.

Sementara makam almarhum Jenderal Besar H M Soeharto di Astana Giri Bangun, Solo bertindak selaku irup Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Rudianto dan makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di TMP Kusuma Negara Semaki, Yogyakarta sebagai irup adalah Gubernur AAU Marsda Nanang Santoso.

Usai melaksanakan ziarah di Kalibata, dihadapan awak media Hadi menuturkan, serangkaian kegiatan dalam rangka hari ulang tahun ke-76 TNI itu mengusung tema Bersatu Berjuang Kita Pasti Menang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement