Rabu 06 Oct 2021 13:17 WIB

Tidur dalam Perspektif Alquran 

Tidur salah satu hal dibahas dalam Alquran.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Tidur dalam Perspektif Alquran. Foto: Tidur siang (ilustrasi). Tidur siang secara teratur bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental.
Foto: www.freepik.com
Tidur dalam Perspektif Alquran. Foto: Tidur siang (ilustrasi). Tidur siang secara teratur bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tidak ada aktivitas manusia sehari-hari yang tidak dibahas di dalam Alquran. Tidur salah satu aktivitas manusia yang dibahas secara lengkap di dalam Alquran tepatnya surah ar-rum ayat 23 yang artinya:

"Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah tidurmu pada waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tandatanda bagi kaum yang mendengarkan.

Baca Juga

Abdullah Yusuf Ali seperti tertulis di dalam buku Kesehatan Dalam Persepektif Alquran karya Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Badan Litbang Dan Diklat Departemen Agama RI Tahun 2009, memberi komentar ayat di atas sebagai  berikut: "Jika kita renungkan dalam-dalam, tidur dan mimpi, kesegaran yang kita peroleh dan tidur sampai waktu berjaga, begitu juga dari berjaga sampai waktu tidur, yang juga keadaan pikiran, perasaan, dan bawah sadar kita dalam suasana demikian, semua itu sungguh menakjubkan dan penuh rahasia-rahasia ilahi."

Biasanya tidur malam hari dan melaksanakan tugas pekerjaan mencari rezeki di siang hari. Tetapi tidur dan rehat mungkin diperlukan siang hari, dan kita bekerja waktu malam.