Selasa 02 Nov 2021 13:32 WIB

Selain SBY, 5 Tokoh Ini Idap Kanker Prostat

SBY akan menjalani perawatan kanker prostat di luar negeri.

Red: Reiny Dwinanda
 Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan dirawat di luar negeri setelah didiagnosis kanker prostat.
Foto:

Rod Stewart

photo
Penyanyi Inggris Rod Stewart. - (EPA)

Penyanyi asal Inggris ini terdiagnosis kanker prostat pada 2017.  Dia mengajak para pria supaya tidak ragu menjalani screening. Setelah sempat merahasiakannya, ia mulai terbuka dengan penyakit yang diidapnya tersebut dua tahun kemudian.

"Tidak ada yang tahu ini, dua tahun lalu saya didiagnosis kanker prostat. Tapi saya pikir sudah saatnya saya mengatakan kepada semua orang. Saya bisa seperti sekarang, karena saya mendeteksinya lebih awal. Saya menjalani begitu banyak tes," kata dia.

Stewart mengimbau semua pria yang menderita kanker prostat tetap optimistis dan berusaha untuk sembuh. Pelantun lagu "I Don't Want to Talk About It" itu menjelaskan bahwa deteksi dini kanker prostat bisa memberi peluang sembuh lebih besar.

"Tetaplah positif, terus berusaha melaluinya dan tetap tersenyum. Aku sudah menjalani ini selama dua tahun, aku bahagia dan Tuhan telah baik menjaga aku," kata dia.

Leon Spinks

photo
Leon Spinks (kanan) - (EPA/MIKE BROWN)

Mantan juara dunia tinju kelas berat asal Amerika Serikat, Leon Spinks, meninggal di rumah sakit pada 5 Februari 2021 setelah berjuang melawan kanker prostat. USA Today melaporkan bahwa kanker itu sudah menyebar ke kantong kemih Spinks.

Spinks adalah peraih medali emas Olimpiade 1976. Ia kian terkenal berkat kemenangan atas Muhammad Ali dua tahun kemudian dalam perebutan gelar juara dunia kelas berat.

Baca juga : Sering Gatal di Area Kelamin Bisa Jadi Gejala Diabetes

Kak Seto

photo
Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau Kak Seto. - (ANTARA/Jessica Helena Wuysang)

Psikolog anak Seto Mulyadi yang akrab disapa Kak Seto telah menjalani biopsi prostat pada 13 Februari 2021. Ia mengumumkan secara terbuka kondisinya itu lewat akun Instagram.

Setelah dibiopsi terungkap bahwa Kak Seto tidak mengidap kanker prostat. Ia hanya mengalami pembengkakan prostat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement