Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Yuni Bawa Arawinda Kirana Raih Piala Citra 2021

Kamis 11 Nov 2021 01:16 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Aktris Arawinda Kirana berpose usai meraih penghargaan Aktris Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2021 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (10/11/2021). Arawinda menang usai berperan dalam film Yuni.

Aktris Arawinda Kirana berpose usai meraih penghargaan Aktris Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2021 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (10/11/2021). Arawinda menang usai berperan dalam film Yuni.

Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Arawinda Kirana keluar sebagai pemenang 'Pemeran Utama Wanita Terbaik' Piala Citra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arawinda Kirana keluar sebagai pemenang kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam malam puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2021. Ia mengaku tidak percaya perannya di film “Yuni” bisa diganjar piala citra.

“Maaf agak bergetar sedikit, terima kasih atas apresiasinya. Ini adalah film kolaborasi banyak pihak selama bertahun-tahun,” kata perempuan bernama lengkap Sri Arawinda Kirana dalam pidato kemenangannya, Rabu (10/11).

Baca Juga

Pada kesempatan ini, ia berterima kasih kepada Kamila Andini selaku sutradara yang memberikan kesempatan kepadanya untuk bermain di film “Yuni”. Arawinda juga menyampaikan terima kasih kepada semua kru yang sudah bekerja secara kolektif menyukseskan film ini.

“Terima kasih untuk semua yang mau memeluk anak kecil ini yang baru pertama kali main di film,” kata dia.

Perempuan berusia 20 tahun ini kemudian mempersembahkan penghargaan ini untuk semua perempuan, laki-laki, dan semua orang yang merasa suaranya tidak didengar, terbatasi mimpinya, pekerjaannya, maupun ekspresinya karena gender.

“Jagalah mimpi-mimpi kalian. Teruslah belajar, berjuang, untuk sesuatu yang besar di hidup kalian,” harap dia.

Di kategori pemeran wanita utama terbaik, Arawinda mengalahkan aktris-aktris lain yang masuk nominee seperti Hana Prinantina Malasan (Cinta Bete), Nirina Zubir (Paranoia), Shenina Syawalita Cinnamon (Penyalin Cahaya), dan Wulan Guritno (Jakarta VS Everybody).

Film “Yuni” merupakan film yang terinspirasi dari salah satu puisi karya sastrawan Sapardi Djoko Damono yang berjudul Hujan Bulan Juni. Sebelum terpilih untuk ajang Oscar, “Yuni” telah lebih dulu memenangkan penghargaan di Toronto International Film Festival 2021.

“Yuni” ditulis dan disutradarai oleh Kamila Andini. Film ini merupakan proyek film yang disiapkan sejak tahun 2017 dan diproduksi oleh Fourcolours Films dengan produser Ifa Isfansyah.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile