Senin 22 Nov 2021 10:49 WIB

Sambut HUT Ke-50 Korpri, BPIP Minta ASN Bersatu

Apabila Korpri atau ASN kompak dan tangguh maka Indonesia pun akan tumbuh maju.

Red: Gita Amanda
Direktur Pengkajian Materi Pembinaan Ideologi Pancasila Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)  Aris Heru Utomo, mengatakan sesuai dengan tema HUT ke-50 Korpri yaitu “ASN Bersatu, Korpri Tangguh, Indonesia Tumbuh,” apabila Korprinya kompak dan tangguh maka Indonesia pun akan tumbuh maju.
Foto: BPIP
Direktur Pengkajian Materi Pembinaan Ideologi Pancasila Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Aris Heru Utomo, mengatakan sesuai dengan tema HUT ke-50 Korpri yaitu “ASN Bersatu, Korpri Tangguh, Indonesia Tumbuh,” apabila Korprinya kompak dan tangguh maka Indonesia pun akan tumbuh maju.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 29 November 2021, akan diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri). Menyambut usia setengah abad, Korpri atau kini dikenal Aparatur Sipil Negara (ASN) diharapkan memelihara persatuan dan kesatuan.

Direktur Pengkajian Materi Pembinaan Ideologi Pancasila Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)  Aris Heru Utomo, mengatakan sesuai dengan tema HUT ke-50 Korpri yaitu “ASN Bersatu, Korpri Tangguh, Indonesia Tumbuh,” apabila Korprinya kompak dan tangguh maka Indonesia pun akan tumbuh maju.

Baca Juga

"Bayangkan bila 4,2 juta ASN bersatu akan menjadi kekuatan pemikiran dan tindakan yang dahsyat demi menjaga Negara Kesatuan RI," ujarnya dalam siaran pers, Senin (22/11).

Aris pun menambahkan bahwa khusus keberadaan ASN di BPIP, kebersatuan, kekompakan dan ketangguhan yang dimilikinya akan dapat mendorong pemahaman dan pembumian nilai-nilai Pancasila di masyarakat. Untuk memperkuat pemahaman akan Pancasila di lingkungan ASN, Aris menyampaikan bahwa saat ini BPIP tengah melakukan penyelerasan dan penguatan aturan hukum Materi Pokok Pembinaan Ideologi Pancasila dan Materi Pembinaan Ideologi Pancasila bagi ASN dan Calon ASN.

Berbekal materi pokok yang merupakan hasil kajian tersebut, diharapkan ASN memiliki standar pemahaman pembinaan ideologi Pancasila dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan bernegara dan berbangsa sesuai tugas dan fungsi pokok ASN. Yaitu sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat pemersatu bangsa.

Aris mengatakan setiap apel, pagi ataupun sore, ASN selalu diingatkan akan janji yang tercantum dalam Panca Prasetya Korpri untuk melaksanakan nilai-nilai kesetiaan, kehormatan, mendahulukan kepentingan negara, serta memelihara persatuan dan menegakkan keadilan dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan sehari-hari. Aris mengingatkan bahwa “Pembacaan janji tersebut hendaklah bukan seperti frasa “lidah tak bertulang”, yang memiliki arti mudah berjanji, namun sulit melaksanakannya.

Mengakhiri arahannya Aris menyampaikan harapannya kepada ASN di BPIP agar semakin bijak dan cerdas dalam bertindak dan bergaul di masyarakat baik secara luring maupun daring. “Jangan sampai ASN di BPIP terjebak offside seperti dalam permainan sepakbola, sehingga disemprit publik. Jaga jari dengan baik, saring sebelum sharing,” pesan Aris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement