Rabu 01 Dec 2021 20:15 WIB

Sri Mulyani: Refocusing Anggaran MPR untuk Penanganan Covid

Pimpinan MPR meminta Jokowi mencopot Sri Mulyani karena anggarannya dipotong.

Red: Andri Saubani
Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Foto:

Stafsus Menkeu Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo juga menjelaskan, absennya Sri Mulyani dalam dua kali rapat bersama pimpinan MPR. Pertama, pada 27 Juli 2021 namun Sri Mulyani tidak dapat hadir karena bersamaan waktunya melakukan rapat internal bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Meski tak hadir, Yustinus menyebut Sri Mulyani mengutus Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara untuk mewakilinya rapat dengan DPR. Kedua, pada 28 September 2021 tapi Sri Mulyani juga tidak datang karena rapat dengan Badan Anggaran DPR untuk membahas APBN.

“Menkeu harus hadir, dengan demikian diputuskan rapat dengan MPR ditunda,” ujarnya kepada Republika, Rabu (1/12).

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad, pada Selasa (30/11), menggelar konferensi pers khusus mengeluhkan anggaran MPR yang terus turun. Menurutnya, Pimpinan MPR mengusulkan agar Presiden Jokowi mencopot Menkeu Sri Mulyani.

Fadel menyebut permintaan tersebut merupakan hasil rapat yang dihadiri seluruh pimpinan MPR baik fisik maupun daring.

"Maka kami, ini atas nama pimpinan MPR republik Indonesia mengusulkan kepada Presiden Republik Indonesia untuk memberhentikan saudari Menteri Keuangan, karena kami anggap Menteri Keuangan tidak etik, tidak cakap dalam mengatur kebijakan pemerintahan kita demi untuk kelanjutan," kata Fadel di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (30/11).

Fadel mengeluhkan anggaran MPR yang terus dipangkas. Padahal jumlah pimpinan periode ini 10 orang.

"Kita dengan presiden Jokowi berbicara di Bogor, kita minta presiden di anggaran kami terbatas sekarang, dulu pimpinan cuma empat orang, sekarang kok sudah 10 orang malah lebih turun," ujarnya.

Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Muzani menambahkan, para pimpinan MPR menyatakan kekecewaannya lantaran anggaran MPR kerap dipangkas.

"Memang kalau dari sisi itu jumlah anggaran MPR tiap tahun berkurang. Saya dari pimpinan MPR itu dari sebelum periode ini berkurang, berkurang, berkurang, tapi kalau pemotongannya selalu refocusing, refocusing, refocusing sejak ada Covid terus-terusan dipotong," ujarnya.

 

photo
Anggaran PEN 2022 - (Tim infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement