Ahad 26 Dec 2021 04:52 WIB

Menkes: Rakyat Indonesia Lebih Disiplin Pakai Masker Dibanding Orang Barat

BGS menilai kedisiplinan Indonesia pakai masker hanya kalah dibanding China.

Rep: Febryan. A/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut, rakyat Indonesia lebih disiplin menggunakan masker dibanding warga negara-negara Barat. Dia meyakini, kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan (prokes) ini adalah salah satu alasan kenapa Indonesia bisa menekan jumlah kasus Covid-19.

"Saya akui bahwa prokes kita, bahkan jika dibandingkan dengan  negara Barat, kita lumayan disiplin," kata Budi dalam sebuah diskusi daring, Sabtu (25/12).

Baca Juga

Budi menarik kesimpulan demikian karena telah melihat langsung kedisiplinan warga negara-negara Barat menggunakan masker. Dibandingkan warga Amerika Serikat, kata dia, rakyat Indonesia lebih disiplin.

Kedisiplinan orang Indonesia menggunakan masker, lanjut dia, juga tampak dalam perhelatan KTT G-20 di Kota Roma, Italia pada akhir Oktober lalu. Budi melihat sendiri bahwa rombongan Indonesia lebih disiplin menggunakan masker.

"Bapak Presiden Jokowi di sana (KTT G-20) termasuk yang paling disiplin menggunakan masker. Coba saja lihat video-videonya," kata Budi.

Menurut Budi, kedisiplinan rakyat Indonesia menggunakan masker hanya kalah dibanding masyarakat China. "Mereka (warga China) ketat sekali disiplinnya," ujarnya.

Laju penularan Covid-19 di Indonesia sudah melandai dalam empat bulan terakhir. Jika pada Juli lalu kasus harian bisa mencapai puluhan ribu, kini kasus harian hanya ratusan saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement