Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

 

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Empat Tersangka Kebakaran Lapas Tangerang Segera Jalani Persidangan

Jumat 31 Dec 2021 07:48 WIB

Rep: Eva Rianti / Red: Ratna Puspita

Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Kota Tangerang Dapot Dariarma mengatakan, empat tersangka dalam kasus kebakaran lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang dikabarkan bakal segera disidang. (Foto: Dapot Dariarma)

Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Kota Tangerang Dapot Dariarma mengatakan, empat tersangka dalam kasus kebakaran lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang dikabarkan bakal segera disidang. (Foto: Dapot Dariarma)

Foto: Republika/Bayu Adji P
Kejari akan melimpahkan kasusnya ke Pengadilan Negeri Kota Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Empat tersangka dalam kasus kebakaran lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang dikabarkan bakal segera disidang. Keempat tersangka yang bakal diadili, yakni RU, S, Y, dan PBB. 

 

Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Kota Tangerang Dapot Dariarma mengatakan, persidangan terhadap para tersangka digelar di Pengadilan Negeri Kota Tangerang. “Proses persidangan akan digelar di Pengadilan Negeri Tangerang,” kata dia kepada wartawan, Jumat (31/12).

Baca Juga

Keempatnya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kebakaran yang terjadi pada Rabu (7/9). Kebakaran tersebut menewaskan 49 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) di lapas tersebut meninggal dunia.

Dapot menyampaikan, kasus yang ditangani oleh Polda Metro Jaya tersebut telah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten. Polda Metro Jaya segera melakukan penyerahan tahap kedua ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang.

Selanjutnya, Kejari akan melimpahkan ke Pengadilan Negeri Kota Tangerang. “Pekan depan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tangerang dan saat ini kejaksaan menyiapkan penuntutan di pengadilan,” tutur Dapot.

Dalam kasus tersebut, mulanya tim penyidik Polda Metro Jaya telah menetapkan tiga orang tersangka berinisial RU, S, dan Y. Ketiganya yang merupakan petugas Lapas Kelas 1 Tangerang disangkakan Pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan seseorang meninggal dunia.

Dalam pengembangannya, polisi juga menetapkan tiga orang tersangka, yakni berinisial JMN, PBB, dan RS. Ketiganya meliputi narapidana, pegawai lapas, dan bagian umum Lapas Kelas 1 Tangerang. Para tersangka dijerat Pasal 188 KUHP juncto Pasal 55 dan 56 KUHP tentang kealpaan yang menyebabkan kebakaran.

Baca juga: Gubernur Lemhannas Usul Polri Ditempatkan di Bawah Kementerian

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile