Jumat 07 Jan 2022 16:08 WIB

Enam Rombongan Ashanty Positif Covid-19 Seusai Liburan dari Turki

Terdapat sembilan penumpang lainnya di pesawat yang sama juga positif Covid-19.

Rep: Febryan A/ Red: Andi Nur Aminah
Penyanyi Ashanty (kiri) didampingi suaminya Anang Hermansyah (kanan)
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Penyanyi Ashanty (kiri) didampingi suaminya Anang Hermansyah (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Ashanty dan lima anggota rombongannya terkonfirmasi positif Covid-19 sesampainya di Indonesia seusai berlibur di Turki. Kabar Ashanty dan lima anggota rombongan keluarga besarnya positif Covid-19 disampaikan oleh Kabid Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Hery Trianto. "Rombongan keluarga besar itu jumlahnya 13 orang. Sebanyak enam orang positif Covid-19," kata dia ketika dihubungi Republika.co.id, Jumat (7/1).

Belum diketahui pasti di mana Ashanty dan lima anggota keluarga besarnya terinfeksi Covid-19. Adapun Ashanty menyebut dirinya dinyatakan negatif Covid-19 saat menjalani tes PCR di hotel dan bandara Turki. 

Baca Juga

Hery menyebut, selain enam anggota rombongan keluarga Ashanty, terdapat pula sembilan penumpang lainnya yang positif Covid-19. Mereka tiba di Indonesia menggunakan penerbangan sama dengan keluarga besar Ashanty. "(Total) dalam penerbangan yang sama ada 15 yang positif," ujar Hery.

Herry menambahkan, pihaknya belum mengetahui apakah 15 orang itu terjangkit varian omicron atau tidak. Varian yang menginfeksi akan diketahui seusai tes whole genome sequencing (WGS) mereka rampung. "Variannya baru diketahui setelah hasil WGS keluara ya," ujarnya. 

Sebelumnya, Ashanty dan keluarganya beserta keluarga menantunya, Atta Halilintar, berlibur ke Turki selama dua pekan. Sebagian dari anggota rombongan keluarga besar itu dinyatakan positif Covid-19 saat tiba di Tanah Air. 

Berdasarkan unggahan di media sosial, Ashanty bersama keluarga besar tiba di Indonesia pada Kamis (6/1). Setibanya di Jakarta, Ashanty sekeluarga menjalani karantina di sebuah hotel di Jakarta Pusat. 

Lewat akun Instagram pribadinya @ashanty_ash pada Jumat, Ashanty membenarkan bahwa dia terinfeksi Covid-19. Dia diketahui positif setalah melakukan tes PCR di Indonesia. Padahal, kata Ashanty, dia negatif Covid-19 saat menjalani tes PCR di hotel dan bandara Turki. 

Karena positif Covid-19, Ashanty memutuskan untuk pindah karantina dari hotel ke rumah sakit. "Dikarenakan saya punya penyakit autoimun dan demi keselamatan saya, akhirnya saya isolasi di RS yang sudah disetujui Satgas Covid-19," kata istri dari Anang Hermansyah ini. 

Jauh sebelum Ashanty dan keluarga besarnya pergi liburan ke Turki, sebenarnya Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sudah menyampaikan peringatan. Menkes meminta para orang kaya di Indonesia untuk tidak berlibur ke luar negeri saat periode libur Natal dan tahun baru 2022. Sebab, orang yang berlibur ke luar negeri dapat tertular virus corona varian omicron dan menyebarkannya di Tanah Air. 

"Saran saya, jangan liburan ke luar negeri deh karena itu membawa risiko sangat besar bagi teman-teman yang ke luar negeri dan membahayakan 270 juta rakyat Indonesia kalau Anda pulang," kata Budi dalam sebuah diskusi daring, Sabtu (25/12).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement