Rabu 12 Jan 2022 10:30 WIB

Bimtek Input Laporan BKD Bagi Dosen pada Aplikasi Sister

Bimtek penginputan data untuk meningkatkan kualitas dosen dalam melaporkan BKD

Red: Gita Amanda
 Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) beri bimbingan teknis input laporan BKD (Beban Kinerja Dosen) pada aplikasi Sister untuk para dosen.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) beri bimbingan teknis input laporan BKD (Beban Kinerja Dosen) pada aplikasi Sister untuk para dosen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) beri bimbingan teknis input laporan BKD (Beban Kinerja Dosen) pada aplikasi Sister untuk para dosen. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dosen dalam melaporkan BKD pada tri dharma perguruan tinggi.

Bimbingan teknis (bimtek) penginputan data dilaksanakan secara daring, pada Selasa (11/1/2022), pukul 10.00-12.00 Wib dengan menghadirkan dua narasumber, yakni Dahlia Sarkawi selaku kepala bagian Pengembangan Dosen (Bangdos) Universitas BSI dan Anggi Oktaviani, staf bagian Pengembangan Dosen.

Baca Juga

Dr Ani Wijayanti selaku dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas BSI, dalam sambutannya mengatakan, semua dosen yang sudah memiliki NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) baik telah tersertifikasi dosen, maupun belum, harus melakukan penginputan data melalui aplikasi Sister.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk membimbing para dosen dalam penginputan laporan BKD agar diperoleh laporan yang berkualitas,” katanya saat membuka acara.

Sementara itu, Dahlia Sarkawi selaku kepala bagian Bangdos Universitas BSI menyampaikan, dosen saat akan menginput kegiatan tri dharma perguruan tinggi di aplikasi Sister terdiri dari pelaksanaan pengajaran, pelaksanaan penelitian, pelaksanaan pengabdian dan pelaksanaan penunjang. Untuk memenuhi hal itu, perlu menyiapkan dokumen-dokumen terkait penginputan kegiatan tri dharma yang telah dilakukannya.

“Pelaporan BKD untuk semester gasal 2021/2022 dimulai pada Maret 2022, sedangkan untuk pelaporan BKD semester genap 2020/2021 adalah untuk tahap uji coba saja. Dosen harus lebih sering mengecek di aplikasi Sister masing-masing, terkait jadwal penginputan data, penarikan data maupun pelaporan,” terangnya saat memberikan materi pembuka secara daring.

 

Pada sesi selanjutnya, Anggi Oktaviani sebagai narasumber kedua memaparkan, setelah dosen menginput data pada tiap pelaksanaan kegiatan tri dharma perguruan tinggi, maka untuk pelaporan BKD dapat dilihat pada menu layanan BKD di sub menu rekap kegiatan.

“Di sub menu rekap kegiatan ini, dosen diminta untuk mengupload dokumen tri dharma sesuai dengan pelaksanaan kegiatan. Jika kegiatan tri dharma sudah diinput pada menu pelaksanaan kegiatan, tapi belum tertarik di rekap kegiatan, maka dosen diminta untuk mengklik tarik kinerja dari portofolio,” jelas Anggi.

Kemudian, katanya melanjutkan, pada sub menu rekap kegiatan, ada menu kewajiban khusus semua jenjang jabatan akademik yang harus terisi dalam kurun jangka waktu tiga tahun. Dosen dapat melihat apakah beban kinerja dosen semester yang berjalan memenuhi atau tidak di menu simpulan.

“Pastikan menu simpulan berwarna hijau, jika berwarna merah maka simpulan BKD tidak memenuhi, harus diperbaiki kembali,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement