Rabu 19 Jan 2022 17:31 WIB

Ini Isyarat Ridwan Kamil untuk Partai Pilihannya Maju Pilpres 2024

Emil masih belum menentukan partai mana yang dipilih sebagai kendaraan politiknya.

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ridwan Kamil menyatakan sudah mantap untuk mencalonkan diri pada Pilpres 2024. Namun, hingga saat ini, dia masih belum menentukan partai mana yang akan dipilih sebagai kendaraan politiknya untuk maju ke Pilpres 2024.

Emil sapaan Ridwan Kamil mengatakan, terkait partai yang dipilih, dirinya akan menentukannya tahun ini sesuai dengan keyakinanya kepada Pancasila. Dia menyiratkan partai yang akan dipilihnya berasaskan Pancasila.

"Yang saya pegang adalah yang sangat konsisten memperjuangkan Pancasila. Track record-nya pasti akan jadi dasar saya untuk berlabuh seperti apa," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, usai menghadiri Musyawarah AMS Perwakilan Bali di Hotel Aryaduta Bali, Selasa (18/1/2022).

Emil mengatakan, telah menjalin komunikasi dengan semua partai dan tidak pernah berhenti. Hanya saja, nanti akan ada waktu yang pas untuk mengumumkan nama partai yang akan dipegangnya menuju Pilpres 2024.

"Lahir batin kan sudah siap. Sudah siap, tinggal masalahnya itu warnanya apa, nanti saya kabari," katanya.

Emil mengaku, memang ke mana pun dirinya pergi, selalu ada doa dan dukungan dari masyarakat supaya ia mencalonkan diri di Pilpres 2024. "Selalu ada antara doa, ada pertanyaan, tidak bisa dihindari, itu yang pertama. Kedua, jika gesturnya baik, saya aminkan, kan begitu ya. Tugas manusia tadi adalah berusaha, berikhtiar, masalah takdirnya ada atau tidak, bukan wilayah manusia," katanya 

Ikhtiarnya menempuh kepercayaan masyarakat dalam memimpin negeri ini, kata dia, adalah memberikan rasa suka kepada masyarakat melalui kinerja. Semakin kinerjanya bagus, dia menilai, akan semakin disukai.

"Otomatis ada apresiasi dari masyarakat berupa doa sampai lagu, ada juga dalam bentuk dukungan elektoral. Jadi saya akan fokus bekerja seperti ini," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ مَنْ يَّرْزُقُكُمْ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ اَمَّنْ يَّمْلِكُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَارَ وَمَنْ يُّخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَمَنْ يُّدَبِّرُ الْاَمْرَۗ فَسَيَقُوْلُوْنَ اللّٰهُ ۚفَقُلْ اَفَلَا تَتَّقُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup, dan siapakah yang mengatur segala urusan?” Maka mereka akan menjawab, “Allah.” Maka katakanlah, “Mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?”

(QS. Yunus ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement