Kamis 27 Jan 2022 17:29 WIB

Mabesad Berduka Tiga Prajurit TNI AD Gugur Ditembak Separatis Teroris Papua

Dudung akan memimpin upacara pemakaman Serda M Rizal Maulana Arifin di Bandung.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigadir Jenderal (Brigjen) Tatang Subarna.
Foto: Dok Pendam Brawijaya
Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigadir Jenderal (Brigjen) Tatang Subarna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) berduka atas gugurnya tiga prajurit dari Satuan Tugas (Satgas) Kodim Yonif Raider 408/Suhbrastha setelah baku tembak dengan kelompok separatis teroris (KST) di Desa Tigilobak, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, Kamis (27/1/2022). Tiga prajurit yang gugur adalah Serda M Rizal Maulana Arifin, Pratu Tupel Alomoan Baraza, dan Pratu Rahman Tomilawa.

"Pimpinan dan seluruh prajurit serta keluarga besar TNI AD menyampaikan rasa duka yang mendalam atas gugurnya tiga prajurit dari Satgas Kodim YR 408/Sbh," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Tatang Subarna di Jakarta, Kamis. 

Baca Juga

Tatang menjelaskan, jenazah ketiganya akan dipulangkan ke kampung halaman masing-masing. Rencananya upacara pemakaman akan dipimpin langsung oleh Kepala Staf AD (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen Agus Suhardi, dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Richard Tampubolon.

"Sebagai wujud penghormatan dan rasa cintanya kepada prajuritnya yang gugur, direncanakan Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman akan memimpin langsung upacara pemakaman Serda M Rizal Maulana Arifin di Bandung," kata Tatang.

Dia menjelaskan, Pangdam II/Sriwijaya akan memimpin upacara pemakaman Pratu Tupel Alomoan Baraza di Kota Jambi, sedangkan Pangdam XVI/Pattimura dijadwalkan memimpin upacara pemakaman Pratu Rahman Tomilawa di Kabupaten Maluku Tengah.

Baku tembak antara prajurit TNI AD dan KST pada Kamis terjadi sekitar pukul 04.30 WIT. KST menyerang Pos Koramil Gome sehingga tiga prajurit gugur dan satu prajurit dalam kondisi kritis akibat kena tembak. "Satu prajurit lagi mengalami luka tembak atas nama Pratu Syaiful," kata tatang.

Pratu Syaiful saat ini masih dirawat di Puskesmas Ilaga.Dia telah didampingi oleh tim evakuasi. "Saat ini, Satuan Kewilayahan (Kodam XVII/Cendrawasih) masih melakukan pengurusan jenazah dan memberi perawatan terhadap korban luka tembak," kata Tatang.

Dia menjelaskan, jenazah Serda M Rizal Maulana Arifin akan diterbangkan ke kediaman keluarga di Bandung, Jawa Barat, Kamis. Sementara itu, jenazah Pratu Tupel dan Pratu Rahman akan diterbangkan ke kediaman masing-masing di Jambi dan Maluku Tengah pada Jumat (28/1/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement