Rabu 09 Feb 2022 13:25 WIB

Vaksin Merah Putih Unair Diuji Klinis Tahap Satu

Peneliti optimistis vaksin Merah Putih efektif untuk varian delta dan omicron.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Agus raharjo
Vaksin Merah Putih mulai uji klinik terhadap manusia. Ilustrasi
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Vaksin Merah Putih mulai uji klinik terhadap manusia. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Vaksin Merah Putih yang diinisiasi Universitas Airlangga (Unair) mulai dilakukan uji klinis tahap satu di RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Rabu (9/2/2022). Kick off uji klinis Vaksin Merah Putih Unair dibuka Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Muhadjir menyatakan, uji klinis tahap satu Vaksin Merah Putih Unair yang diselenggarakan telah mendapat izin dari BPOM. Uji klinis tahap satu dilakukan dengan penyuntikan vaksin terhadap 90 relawan yang memenuhi syarat.

Baca Juga

Yakni resipien naive, atau tidak pernah, atau sama sekali belum mendapatkan vaksin Covid-19 dengan rentang usia produktif. Muhadjir menegaskan, Vaksin Merah Putih merupakan program super prioritas dari Presiden Joko Widodo, yang segala kebutuhan dan perkembangannya didukung penuh pemerintah.

"Ini merupakan program super prioritas dari bapak Presiden Joko Widodo untuk menuju kemandirian vaksin Indonesia," kata Muhadjir, di Surabaya, Rabu (9/2/2022).

Rektor Unair Moh Nasih mengatakan, pihaknya bakal terus fokus untuk mengembangkan Vaksin Merah Putih. Unair bahkan diakuinya siap menjadi salah satu inisiator dalam mewujudkan kemandirian vaksin Indonesia.

"Kita bekerja dari awal hingga akhir made in Indonesia. Jika tanpa dukungan pengembangan vaksin ini belum tentu bisa terjadi," kata Nasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement