Ahad 27 Feb 2022 00:20 WIB

Manfaat Sholat adalah Penolak Bala, Ini Penjelasan Imam Besar Masjid Istiqlal

Sholat khusyu akan memberikan dampak bagi yang melaksanakannya

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sholat. Sholat khusyu akan memberikan dampak bagi yang melaksanakannya
Foto:

Prof Nasaruddin mengajak agar sebesar apapun persoalan yang dihadapi untuk mencari jalan keluarnya melalui sholat.

Sebab menurutnya ketika seseorang mencoba menyelesaikan persoalan melalui sholat maka setiap persoalan akan terasa sangat ringan. Allah SWT berfirman:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (SWT An Nisa 103). 

Prof Nasaruddin menjelaskan bahwa Allah SWT telah menentukan waktu-waktu sholat sehingga manusia jangan sampai terlalu lama meninggalkan sujud. Maka di anatara sholat maktubah yang jaraknya jauh, terdapat sholat-sholat sunah yang sangat dianjurkan. 

Seperti antara Isya ke Subuh terdapat sholat tahajud. Lalu antara subuh ke dzuhur terdapat sholat dhuha. Kesemua itu merupakan rahasia Allah agar manusia lebih sering bersujud mengingat Allah SWT.

"Sujud itu tolak bala, menciptakan dinding kokoh, pintu musibah tertutup semuanya," katanya. 

Lebih lanjut Prof Nasaruddin mengatakan sholat adalah mengingat Allah SWT. Dan orang yang mengingat Allah SWT akan memiliki ketenangan dalam kalbunya. Sebagaimana firman Allah SWT. 

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS Ar Rad 28).  

Baca juga: Kisah Puji dan Agus, Suami Istri yang Bersama-sama Masuk Islam

Menurut Prof Nasaruddin Allah SWT menutup semua potensi musibah, bencana, permasalahan yang akan menimpa, ketika seseorang itu memngingat Allah  SWT melalui sholat. Dan menggantinya dengan ketenangan dan kedamaian dalam hidup. Sehingga hidupnya tidak gelisah.  

 

Lebih lanjut menurut Prof Nasaruddin selain dengan sholat, amalan lain yang dapat menolak bala adalah dengan bersedekah.

Maka dari itu dia mengajak untuk mengistiqomahkan bersedekah. Sebab dengan sholat dan sedekah mensucikan diri dari dosa dan membuka pintu langit.       

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement