Kamis 05 May 2022 09:18 WIB

Simak Yuk Peluang Karier dari Lulusan Teknik Elektro

Teknik Elektro adalah ilmu yang mempelajari tentang listrik dan implementasinya

Red: Christiyaningsih
Teknik Elektro adalah ilmu yang mempelajari tentang listrik dan implementasinya.
Foto: UBSI
Teknik Elektro adalah ilmu yang mempelajari tentang listrik dan implementasinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknik elektro menjadi salah satu jurusan yang sudah tak asing lagi kita dengar dan banyak peminat pada jurusan tersebut. Teknik Elektro adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang listrik serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai salah satu jurusan yang masuk dalam bidang teknik, teknik elektro menjanjikan peluang karier yang baik. Lulusan jurusan ini sangat fleksibel karena cetakannya yang dapat masuk ke hampir semua lini industri.

Baca Juga

Sarjana dari jurusan ini pun memegang kendali penting dalam membuat dan mengembangkan perangkat yang melibatkan komponen listrik dan elektronika. Soal peluang karier teknik elektro, jurusan ini akan terus dibutuhkan dalam kaitannya pada teknologi praktis dan infrastruktur.

Lalu, lulusan Teknik Elektro bisa jadi apa saja? Berikut peluang karier lulusan jurusan teknik elektro yang mengutip dari beberapa sumber :

1. Control engineer

Karier ini banyak mengerjakan proyek yang berkaitan dengan sistem kontrol atau pengendalian untuk menghasilkan output sesuai dengan yang diinginkan. Ilmu control engineering tidak hanya dikembangkan oleh lulusan Teknik Elektro tapi bisa juga dari bidang teknik lain seperti teknik industri, teknik mekatronika, teknik mesin, dan teknik komputer.

2. Project engineer

Peluang karier selanjutnya yakni sebagai seorang project engineer. Profesi ini menggabungkan bidang engineering dengan manajemen proyek.

Mereka yang memilih berkarier sebagai project engineer memiliki tanggung jawab untuk mengelola semua aspek bisnis dalam proyek. Aspek-aspek tersebut mencakup perencanaan, strategi, budgeting, hingga sumber daya teknik dan segala kegiatan yang berkaitan dengan teknis dalam sebuah proyek.

3. Robotic engineer

Industri otomotif dan robotik yang kian masif seiring dengan perkembangan teknologi sangat membutuhkan peran robotic engineer untuk memproduksi robot. Tugas robotic engineer tak melulu menciptakan robot tapi juga mengembangkan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk memudahkan pekerjaan manusia di bidang yang lebih luas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement