Kamis 05 May 2022 09:18 WIB

Simak Yuk Peluang Karier dari Lulusan Teknik Elektro

Teknik Elektro adalah ilmu yang mempelajari tentang listrik dan implementasinya

Red: Christiyaningsih
Teknik Elektro adalah ilmu yang mempelajari tentang listrik dan implementasinya.
Foto:

4. Electrical design engineer

Profesi yang familiar dengan sebutan insinyur desain listrik ini dapat bekerja di industri kedirgantaraan, arsitektur, energi, dan sebagainya. Profesi ini mirip dengan insinyur lainnya tapi lebih berfokus pada pengembangan sistem kelistrikan. Selain itu, karier ini juga memberikan layanan pemeliharaan atau pemasangan pada sistem kelistrikan.

5. Hardware engineer

Seorang hardware engineer bertanggung jawab membuat desain untuk perangkat keras komputer dan peralatan fisik lainnya. Tugasnya mulai dari merancang dan mengompilasi komponen seperti prosesor komputer, hard drive, papan sirkuit, hingga chip agar efisien saat dipakai. Berkarier sebagai hardware engineer berkesempatan untuk bersinggungan langsung dengan teknologi terbaru.

6. Biomedical engineer

Para lulusan jurusan teknik elektro juga bisa merambah ke dunia medis dengan bekerja sebagai biomedical engineer. Meski karier di bidang ini tergolong baru di Indonesia, bukan berarti tidak menjanjikan masa depan cerah.

Penggunaan teknologi canggih di dunia kesehatan semakin membuka peluang lulusan engineering untuk mengembangkan diri. Jika tertarik dengan mengembangkan teknologi di bidang medis, karier ini akan sangat cocok.

7. Dosen atau pengajar

Jika memiliki minat bekerja di dunia pendidikan, kesempatan untuk menjadi pengajar atau dosen teknik elektro juga terbuka luas. Hingga saat ini, dosen masih dianggap sebagai karier yang memiliki prestise tinggi. Namun, untuk menjadi dosen baik itu kampus negeri maupun swasta, kamu minimal harus bergelar magister atau S2.

Itulah beberapa peluang karier lulusan dari jurusan teknik elektro yang perlu diketahui. Selebihnya, lulusan ini sebenarnya mampu beradaptasi dengan beberapa industri lain.

Nah, untuk yang berminat masuk jurusan teknik elektro (S1) bisa mendaftar ke salah satu perguruan tinggi swasta yaitu Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) karena sudah membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB). Saat ini menjadi waktu yang tepat untuk mendaftar kuliah. Kampus ini sudah membuka PMB untuk perkuliahan bulan September 2022.

PMB Universitas BSI sudah masuk pada gelombang 3 dan akan berakhir pada 7 Juni 2022 mendatang. Untuk pendaftaran bisa dengan mengunduh aplikasi PMB-UBSI di Play Store secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/.

Jurusan Teknik Elektro Universitas BSI juga tersebar di beberapa kampus, antara lain di Universitas BSI kampus Kramat 98, Universitas BSI kampus Salemba, dan Universitas BSI kampus Margonda. Selain itu, pembayaran kuliah di Universitas BSI juga bisa dengan cicilan sebesar 600 ribuan perbulannya melalui aplikasi Danacita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement